Enam Juta Pria Indonesia Berisiko Kena HIV/AIDS
Tanggal: Thursday, 24 May 2012
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNNEWS.COM, 24 May 2012

JAKARTA - Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Indonesia Nafsiah Mboy mengatakan, sekitar enam juta laki-laki berisiko terkena HIV/AIDS, akibat perilaku seksual yang tidak sehat.

“Perilaku seksual yang tidak sehat dari enam juta laki-laki ini, dapat mempercepat penyebaran HIV/AIDS. Penyakit ini kemudian sangat berpotensi tertular kepada ibu rumah tangga yang tidak mengerti apa-apa,” tutur Nafsiah dalam seminar 'Beyond MDGs: Indonesia’s Role as Middle Income Country on HIV and Sexual and Reproductive Health Rights' di Jakarta, Senin (21/5/2012) lalu.

Perilaku seksual tidak sehat tersebut, menurut Nafsiah, disebabkan karena pembangunan yang bersifat maskulin atau kelelaki-lelakian.

“Hampir di setiap daerah pembangunan, baik berupa perkebunan kelapa sawit atau pertambangan di mana terdapat banyak laki-laki, akan terdapat perempuan-perempuan yang melayani kebutuhan seksual pria tersebut,” jelasnya.

Nafsiah mengungkapkan, jika dulu penularan HIV/AIDS lebih banyak disebabkan karena penggunaan narkotika dan obat terlarang, maka sekarang penyebab dominannya adalah perilaku seksual.

Sehingga, lanjut Nafsiah, enam juta laki-laki tersebut kemudian berpotensi menularkan penyakit HIV/AIDS kepada istri-istri yang sebenarnya berperilaku seksual sehat. (*)

Sumber: http://www.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6526