Penderita HIV/AIDS Bukittinggi Tertinggi
Tanggal: Thursday, 24 May 2012
Topik: HIV/AIDS


Padang Ekspres, 24 May 2012

Bukittinggi — HIV/AIDS merupakan penyakit me­matikan dan sudah ba­nyak memakan korban. Kota Bukit­tinggi termasuk daerah yang kasus penyakit AIDS cukup tinggi di Sumbar. Para dokter di kota ini menggalang potensi dan kekuatan untuk berkiprah langsung dalam penanggu­lang­an penyakit tersebut.

Sekaitan itu dibentuk Per­himpunan Dokter Peduli AIDS Indonesia (PDPAI) yang me­naungi para dokter tersebut. Wadah itu terbentuk sejak 16 April lalu. Kepengurusannya ditetapkan dengan keputusan pengurus pusat PDPAI tanggal 21 Mei 2012.

Sebagai langkah awal, pe­ngurus cabang PDPAI Bukit­tinggi silaturahmi dengan Wa­kil Walikota H. Harma Zaldi, di Balaikota, Selasa (22/5). Ke­pengurusan PDPAI Cabang Bu­kittinggi itru, terdiri wali ­kota, wakil walikota dan Ketua DPRD dan Ketua IDI Cabang Bukittinggi selaku pelindung.

Sementara Penasehat H. Khairullah, S. Ginting, Rasmi Fa­dar dan Suwirman Idris. Ke­tua Yunita, wakil k­e­tua HM. Yu­nus, sek­retaris Sabrina Ema­­­­yanti dan Rio Achda­nelly, bendahara Erida Dar­wis dan Emmyanti Aswari.

Bidang ilmiah, Linda Afa­nita, (koordinator), anggota H Metrizal, Yose Rizal, dan Eugenia Alia Hasan Basri. Koordinator bidang Pengab­dian H. Nazdi dan anggota Rahmi Yet­ty, Zeno F, David dan Fitriani

”Bukittinggi daerah perta­ma di Sumbar yang mem­bentuk PDPAI,” jelas Ketua PDPAI Bukittinggi, Yunita. Wadah tersebut beranggota para dokter yang bertugas di rumah sakit dan jajaran kese­hatan di Kota Bukittinggi. Dalam kiprahnya PDPAI lebih banyak bergerak di bidang sosial di samping melaksana­kan tugas pokok dan profesi.

Menurut Yunita, selama ini kiprah mereka dalam pe­nanggulangan AIDS lebih ba­nyak bersifat kuratif (pengo­ba­tan) di rumah sakit. Melalui PDPAI ini, upaya penanggu­langan dalam bentuk pencega­han dapat dilakukan. Misalnya sosialisasi dan penyuluhan kepada kelompok-kelompok masyarakat, generasi muda dan sekolah.

Rencananya, kepengu­rus­an cabang PDPAI Kota Bukit­tinggi dikukuhkan 22 Juni mendatang. Pada acara tersebut sekaligus diselenggarakan seminar tentang pencegahan HIV/AIDS. (rul)

Sumber: http://padangekspres.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6529