I Give a Damn, Ini Rekomendasi Tanggulangi HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 04 June 2012
Topik: HIV/AIDS


detik, 28 May 2012

Jakarta Kasus HIV/AIDS di Indonesia akan meledak mencapai 2,18 juta pada 2025. Di Jakarta saja saat ini tercatat ada 1.597 kasus HIV baru dan 1.466 kasus AIDS dengan tingkat prevalensi 5,3/100.000 penduduk dan terus bertambah.

Berikut ini rekomendasi untuk membantu menanggulangi HIV dan AIDS, seperti disampaikan relawan Dody Kusumonegoro dari Indonesia Volunteers on Improvement Change and Empowerment (iVoice) kepada detikcom, Senin (28/5/2012).

iVoice adalah kelompok dari kalangan profesional muda, memiliki kepedulian tinggi terhadap masalah HIV/AIDS serta ingin mengambil peran melalui kegiatan-kegiatan proaktif, produktif dan positif.

Rekomendasi tersebut disusun dari forum seminar, dikusi, dan talkshow pada International AIDS Candlelight Festival Indonesia 2012 (IACF Indonesia 2012) di kampus Unika Atma Jaya, Semanggi, Jakarta (26-27/5/2012).

Rekomendasi menyampaikan pentingnya ketersediaan informasi komprehensif mengenai kesehatan seksual dan reproduksi bagi remaja dan perempuan.

Tersedianya layanan kesehatan seksual dan reproduksi yang bersahabat bagi remaja dan perempuan.

Stigma dan diskriminasi terhadap keberagaman seksual dan gender akan meningkatkan kerawanan Lesbian Gay Bisexual Transgender (LGBT) terhadap penularan HIV dan AIDS.

Pentingnya keterlibatan orangtua dan dunia pendidikan dalam penyebaran informasi komprehensif mengenai penanggulangan HIV dan AIDS serta kesehatan seksual dan reproduksi.

Keterlibatan semua pemangku kepentingan termasuk masyarakat film, penulis dan media untuk memberikan pesan-pesan edukatif mengenai berbagai permasalahan yang dihadapi untuk isu HIV dan AIDS.

IACF Indonesia 2012 dihadiri para pejabat perwakilan asing di Jakarta, tokoh masyarakat dan para artis seperti Ruth Sahanaya, Syaharani, Gladys Suwandi, Agni Pratisha, Edward Gunawan dan Ichwan Thoha.

Dari charity dinner dan pelelangan beberapa koleksi lukisan donatur dan hasil foto session Peter Tjahjadi dengan slogan I Give A Damn (saya peduli, red), terkumpul dana amal sementara sebanyak Rp 207,5 juta.

"Jumlah ini diperkirakan masih akan terus bertambah. Cukup menggembirakan untuk sebuah kegiatan yang baru pertama kali," demikian Dody.

Sumber: http://news.detik.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6541