Pengidap HIV Dominan Usia Produktif
Tanggal: Monday, 04 June 2012
Topik: HIV/AIDS


FAJAR, 29 May 2012

MAKASSAR -- Lembaga Konsultasi Managemen Rumah Sakit (LKMRS) “Star 6” Makassar akan menggelar workshop HIV/AIDS ke sejumlah instansi pemerintah dan perusahaan se-Sulsel. Kegiatan yang bertujuan untuk pengenalan dan pendeteksian dini HIV/AIDS itu digelar di Hotel Singgasana, 16 Juni mendatang.

Direktur LKMRS “Star 6” Makassar, dr HM Basir Palu, SpA, MHA memaparkan dengan dilibatkannya sejumlah perusahaan ini tidak menutup kemungkinan penyebaran HIV/AIDS berada di lingkup perusahaan atau instansi yang bersangkutan.

“Kami tidak sekadar melakukan pendekatan linear kepada bidang kesehatan tetapi kami juga kerjasama dengan pemerintah dan pihak swasta seperti dinas tenaga kerja dan perhubungan untuk mensosialisasikan pencegahan HIV/AIDS itu,” terangnya ketika ditemui di ruang kerjanya, Ruang 901-902, Lantai 9, Gedung Graha Pena, Senin, 28 Mei.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Sulsel ini melanjutkan, prevalensi HIV/AIDS di Sulsel dari tahun ke tahun meningkat. Tahun 2011 lalu, jumlah pengidap (Odha) sudah mencapai angka 4.908 orang yang terdiri dari HIV : 3343 orang dan AIDS sebanyak 1.565 orang dengan usia produktif 20 tahun-49 tahun.

“Berbagai upaya dilakukan pemerintah dalam rangka menahan laju penyebaran virus HIV penyebab AIDS ini antara lain dengan membentuk Komisi Penanggulangan Aids (KPA) tingkat nasional sampai kabupaten/kota di Indonesia. Namun, masih terdapat potensi dalam masyarakat belum sepenuhnya dimanfaatkan,” katanya.

Sekretaris LKMRS “Star 6” Makassar, Darwis Sinring menambahkan, target peserta workshop HIV/AIDS sebanyak100-150 orang yang merupakan manager dari berbagai perusahaan di Sulsel.

“Dalam workshop nanti ada pemeriksaan tes HIV/AIDS secara gratis namun yang mau melakukan tes ini harus membuat pernyataan tertulis,” paparnya. Diharapkan, workshop pencegahan HIV/AIDS ini berkesinambungan karena dalam pelatihan itu akan dibuat kelompok peserta yang peduli HIV/AIDS. (yan/pap)

Sumber: http://www.fajar.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6545