HIV/AIDS di Jayapura Capai 933 Kasus
Tanggal: Tuesday, 05 June 2012
Topik: HIV/AIDS


Metrotvnews.com, 02 Juni 2012

Sentani: Kasus HIV dan AIDS di Jayapura, dari Januari sampai Maret 2012, mencapai 933 kasus. Kasus menyebar di 15 distrik (kecamatan).

"Tertinggi ada di Distrik Sentani Timur, sebanyak 132 kasus. Terendah berada di distrik Gresi Selatan dengan satu kasus," kata Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Jayapura, Purnomo, di Sentani, Sabtu (2/6).

Ia menjelaskan, 73 dari 933 kasus menimpa remaja berusia 15-19 tahun. "Ada 73 remaja di Jayapura yang terpapar HIV/AIDS," terang dia.

Bekas Kepala Bapeda kabupaten Jayapura itu mengatakan, pihaknya kini gencar memberikan sosialisasi dan penyuluhan di sekolah tentang bahaya HIV/AIDS. Termasuk pula memasang baliho, pamflet, dan selebaran.

"Kami (KPA) juga gencar memberikan informasi lewat media, seperti lewat radio Kenambai Umbai milik kabupaten Jayapura kepada warga setempat, dan kami nilai itu harus dilakukan terus-menerus," katanya.

Untuk itu, Purnomo mengharapkan agar HIV/AIDS bisa jauh dari kalangan remaja perlunya peran orang tua dan pihak lainya dalam memberikan informasi yang baik dan benar tentang HIV/AIDS, sehingga pemahaman yang didapatkan remaja tentang penyakit yang belum ada obatnya itu bisa lebih baik.

"Saya kira peran orang tua dan pihak lainnya juga sangat penting," katanya.

Ia juga memberikan apresiasi yang sangat besar kepada sejumlah LSM ataupun pihak lainya yang ikut serta membantu KPA memberikan informasi tentang HIV/AIDS kepada remaja.

"KPA juga sangat senang jika ada pihak lain, seperti PKBI yang intens untuk edukasi dan advokasi HIV/AIDS kepada kaum remaja," katanya.(Ant/ICH)

Sumber: http://www.metrotvnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6559