Tekan Penularan HIV/AIDS Kesehatan Cewek Kafe Diawasi
Tanggal: Friday, 15 June 2012
Topik: HIV/AIDS


Bali Post, 07 Juni 2012

Singaraja - Kafe atau tempat hiburan malam lain yang tengah menjamur menjadi salah satu pemicu terus bertambahnya angka penderita HIV/AIDS di Buleleng. Dari tempat ini dicurigai virus yang mematikan itu menular. Apalagi banyaknya cewek pekerja kafe yang dicurigai sering melakukan transaksi seks kepada pengunjung kafe.

Untuk itu, kesehatan cewek kafe di Kabupaten Buleleng akan diawasi secara rutin seperti yang dilakukan sejumlah lembaga terhadap pekerja seks komersial (PSK). Untuk memudahkan pengawasan cewek kafe ini, Yayasan Citra Usada Indonesia (YCUI) membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Kafe di Kecamatan Seririt yang dilantik di Puskesamas Seririt, Rabu (6/6) kemarin.

Personel Pokja Kafe terdiri dari sejumlah aktivis dari YCUI, petugas kesehatan dan aparat polisi. Ketua YCUI, Ketut Sukiarta, di sela-sela acara mengatakan, Pokja Kafe bertugas memantau kesehatan para pekerja kafe. Pokja ini memiliki peran yang sangat penting, karena tempat hiburan malam dianggap sebagai tempat yang rawan terhadap penyebaran HIV/AIDS.

"Ya kita sadari kafe ini memang menjadi salah satu biang menularnya HIV/AIDS. Nah personel Pokja bertugas menyarankan pekerja kafe rutin memeriksakan kesehatan ke Klinik VCT," katanya. Menurut Sukiarta, pembentukan Pokja Kafe bukan hanya di Seririt. Sebelumnya di Kecamatan Gerokgak juga sudah dibentuk Pokja Kafe tepatnya di Desa Pengulon, Celukan Bawang, dan Desa Bungkulan Kecamatan Sawan.

"Kita sudah bentuk pokja di Gerokgak, Sawan, dan hari ini kita bentuk lagi satu pokja. Dengan demikian, personel akan segara bertugas untuk mencegah penularan HIV/AIDS," jelasnya. Sukiarta menambahkan di Kecamatan Seririt tahun 2011 tercatat 127 orang dengan HIV/AIDS (Odha) dan hingga Mei 2012 telah tercatat 29 dinyatakan positif HIV/AIDS. Mereka terdeteksi tertular HIV/AIDS setelah melakukan tes darah di Klinik VCT di Puskesmas Seririt. (kmb)

Sumber: http://www.balipost.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6580