Antisipasi Peningkatan Kasus AIDS
Tanggal: Friday, 15 June 2012
Topik: Narkoba


Pontianak Post, 08 Juni 2012

KETAPANG - Mengantisipasi meningkatnya penderita HIV/AIDS di Ketapang, kemarin (7/6) Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Ketapang menggelar penyuluhan bagi sejumlah remaja lelaki suka lelaki (LSL) di tempat pertemuan layanan Puskesmas Kedondong Jalan H. Murni Ketapang. Pengelola program komisi penanggulangan AIDS Ketapang Zulfahmi mengatakan Kabupaten Ketapang diprediksi oleh Kementerian Kesehatan jumlah penderita yang terinveksi HIV-AIDS di tahun 2015 mendatang mencapai 10 ribu orang yang terjangkit "Upaya preventif yang dilakukan melalui sosialisasi dan pertemuan agar remaja yang rentan terjangkit dapat dicegah sedini mungkin," katanya.

Salah satu tujuan utama dilakukan penyuluhan tersebut, kata dia mengingat data yang dihimpun Kabupaten Ketapang terdapat 132 orang yang sudah terinveksi HIV yang tersebar di 18 Kecamatan dari 20 Kecamatan. Kecamatan Simpang Hulu dan Hulu Sungai yang tidak tejangkit, sedangkan penyebaran yang terbesar di Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang.

Ada stigma masyarakat tentang HIV-AIDS yang berkembang kata Fahmi bahwa Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA) harus dikarantina bahkan diasingkan membuat semakin sulit mendeteksi orang yang terinveksi HIV yang berakibat orang enggan memeriksakan diri ke Puskesmas atau tempat layanan kesehatan yang ada. Kepala Puskesmas Kedondong Rihy Patti Peilohi, mengatakan usia remaja yang mudah tergelincir dengan pergaulan bebas pree sex yang mudah terjangkit sehingga sejak dini perlu dilakukan sosialisasi kepada mereka guna untuk pencegahan dini “Tidak ada penyakit yang tidak bisa dicegah," katanya.

Selain itu Ia menghimbau agar para remaja melakukan kegiatan positif dan berpikir positif yang membuat prilaku positif seperti olah raga atau mengikuti kegiatan organisasi pecinta alam yang dapat menghindarkan remaja pada pergaulan bebas. Banyak penyakit yang timbul dari penyimpangan sex seperti, syphilis,gonorhe chlamiydia, herpes, inveksi jamur, bisul alat kelamin dan HIV-AIDS yang sangat ditakutkan. "Penyakit-penyakit tersebut dapat di cegah dengan beperilaku sehat tidak menyimpang dari ajaran agama," jelasnya. (ash)

Sumber: http://www.pontianakpost.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6581