PBB : Perangi HIV/AIDS
Tanggal: Friday, 15 June 2012
Topik: HIV/AIDS


Berita Sore, 12 Juni 2012

PBB
: Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Ban Ki-moon, Senin (11/6), meminta semua negara anggota untuk melakukan upaya lebih dalam memerangi HIV/AIDS, agar target pengurangan infeksi virus sebanyak satu juta dapat tercapai pada 2015.

“Saya meminta anda semua untuk berusaha lebih keras lagi, sehingga kita dapat menang dalam perlombaan itu. Kita harus dapat mengurangi satu juta infeksi virus HIV pada 2015,” kata Sekjen Ban dalam pidatonya di Sidang Majelis Umum PBB terkait HIV/AIDS.

Ban juga mencatat bahwa satu-satunya cara dalam lima tahun agenda kepemimpinannya, termasuk memerangi infeksi HIV dan anak, dapat dicapai dengan menjangkau masyarakat yang berisiko tinggi terhadap infeksi itu. Masyarakat beresiko tinggi itu antara lain perempuan, anak perempuan, pekerja seks, pria yang berhubungan seks dengan pria lain, serta pemakai narkoba suntik.

Dalam upaya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan oleh PBB, Program Gabungan PBB tentang HIV/AIDS (UNAIDS), Rabu (6/6), mendesak delapan negara anggota Persatuan Moneter dan Ekonomi Afrika Barat (UEMOA) untuk membangun kemitraan baru guna melawan wabah virus tersebut.

Sejumlah badan PBB lain, seperti PBB untuk Perempuan (UN Women), bekerja sama dengan UNAIDS agar mencapai akses universal dalam upaya pencegahan, pengobatan, perawatan dan dukungan melawan HIV/AIDS.

“Perempuan dan anak-anak berhak mendapatkan perhatian khusus, perempuan memerlukan pelayanan kesehatan reproduksi dan seksual,” kata Ban.

“Para ibu yang positif mengidap virus HIV harus mengkonsumsi obat antiretroviral, sehingga bayi mereka terlahir bebas HIV,” tambahnya.

Menurut laporan yang dikeluarkan oleh PBB untuk Perempuan dan UNAIDS, sebanyak 17 juta perempuan diduga hidup dengan HIV pada 2010. Sementara itu, Sekjen PBB mengatakan bahwa mengatasi AIDS merupakan bagian dari pencapaian masa depan yang berkelanjutan.

“Menjelang Konferensi Rio+20, marilah kita berikrar untuk berperang melawan AIDS sebagai bagian dari kampanye kita untuk masa depan yang kita inginkan,” kata Ban. “Generasi yang bebas AIDS adalah generasi yang dapat membantu mengakhiri kemiskinan,” ujarnya. (ant/Xinhua/Oana )

Sumber: http://beritasore.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6587