RSMC Bentuk KDS bagi Odha Anggota Marinir Wilayah Barat
Tanggal: Sunday, 17 June 2012
Topik: Narkoba


Kabar Indonesia, 15 Juni 2012

Klinik VCT (Voluntary Counseling and Testing) Rumah Sakit Marinir Cilandak (RSMC), terus berupaya menekan laju infeksi HIV yang terjadi di kalangan anggota TNI AL terutama di Korps Marinir. Selain melalui kegiatan konseling di poliklinik, Klinik VCT RSMC mencoba meningkatkan jangkauan melalui kegiatan penyuluhan di lingkungan Korps Marinir. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan belum lama ini adalah memberikan penyuluhan kepada ODHA anggota Korps Marinir di Wilayah Barat yang sekaligus dijadikan sebagai cikal bakal pembentukan Kelompok Dukungan Sebaya (KDS).

KDS merupakan wahana bagi ODHA untuk saling berbagi pengalaman khususnya dalam mengatasi segala permasalahan yang mereka hadapi terkait infeksi HIV yang mereka alami. Sesuai hasil survey HIV/AIDS yang menunjukkan trend meningkatnya kasus baru di kalangan TNI, maka pembentukan KDS ini dianggap sebagai langkah strategis yang positif, bukan saja bagi ODHA sendiri tapi juga bagi kedinasan. KDS juga merupakan sarana dalam mensosialisasikan kegiatan pencegahan positif (positive prevention) yang memiliki tiga tujuan utama, yaitu mencegah penularan HIV kepada orang lain, mencegah infeksi ulang HIV dan infeksi lain termasuk Imfeksi Menular Seksual (IMS), dan meningkatkan kualitas Hidup ODHA.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Komandan Rumah sakit Marinir Cilandak ini dilaksanakan di Ruang Rapat Lanmar Jakarta, beberapa waktu lalu yang dihadiri oleh Aspers Kormar, Kadiskes Kormar, Kadisminpers Kormar, Komandan Lanmar Jakarta serta 30 peserta. Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Letkol Laut (K) Ghufron Sholihin, SKM, MM (sekretaris Tim Pokja HIV/AIDS Mabes TNI) dan Herman Varella (Koordinator KDS “Positive Rainbow”).

Melalui Kegiatan tersebut diharapkan peserta bisa mendapatkan pengetahuan yang benar tentang Peraturan Panglima TNI nomor : Perpang/64/IX/2010, tanggal 15 September 2010, tentang Petunjuk Pelaksanaan Penanggulangan HIV-AIDS di Lingkungan TNI, Peraturan Kasal nomor : Perkasal/33/VI/2011, tanggal 9 Juni 2011, tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS di Lingkungan TNI Angkatan Laut, serta pentingnya CD4 sebagai penentu status kesehatan (stakes) ODHA terkait penempatan jabatan, proses pendidikan dsb. Selain itu, peserta juga diharapkan mulai bisa menginisiasi terbentuknya Kelompok Dukungan Sebaya, sehingga di masa yang akan datang pola perilaku hidup mereka makin baik, kualitas hidup mereka makin meningkat, mereka ikut terlibat dan berperan dalam memperkuat program pencegahan, perawatan, dan pengobatan, serta mau dan mampu melakukan dukungan terhadap sesama ODHA.

Sebagai penekanan, Komandan Rumah Sakit Marinir Cilandak menekankan kepada peserta, untuk secara sukarela memeriksakan kesehatannya terutama yang berkaitan dengan penyakit HIV/AIDS. Sementara Aspers dan Kadisminpers Kormar, sangat mendukung kegiatan ini berharap untuk terus dilakukan sebagai upaya di dalam penanggulangan penyakit HIV/AIDS terutama di lingkungan Korps Marinir.

Sumber: http://www.kabarindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6600