Meningkat, Kasus AIDS di Kabupaten Tasikmalaya
Tanggal: Sunday, 17 June 2012
Topik: Narkoba


TubasMedia.Com, 16 Juni 2012

TASIKMALAYA – Kabid Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, Deden Hamdani SKM mengatakan, sebanyak 21 kasus HIV/AIDS ditemukan di Kabupaten Tasikmalaya sepanjang tahun 2011 – 2012

Angka tersebut menunjukkan peningkatan cukup tinggi jika dibandingkan tahun lalu yang hanya berjumlah tiga orang. Dengan demikian total kasus HIV/AIDS di Kabupaten Tasikmalaya sejak tahun 2006 sebanyak 76 kasus. Dari jumlah itu 17 penderita meninggal dunia.

Dari 21 kasus tersebut mayoritas menyerang kaum laki-laki sebanyak 12 orang, sisanya merupakan perempuan di antaranya enam orang balita. Sementara di tinjau dari usia, kelompok usia penderita mayoritas merupakan usia produktif yakni 19-29 tahun.

Pola penularan HIV/AIDS di Kabupaten Tasikmalaya umumnya akibat penggunaan jarum suntik, sementara akibat aktivitas seksual tercatat hanya dua orang. Dalam penularannya terjadi perubahan, tidak hanya menyerang kelompok resiko rendah seperti ibu rumah tangga

Untuk mengetahui apakah terkena penyakit HIV/AIDS atau tidak, masyarakat bisa datang ke Poluntary Consulting & Testing (PCT) di puskesmas yaitu di Puskesmas Manonjaya, Singaparna, Tenawati dan Ciawi. “Masyarakat dapat melakukan konsultasi dan mengecek kesehatan secara gratis dan kerahasiaan di jamin,” katanya.

Dinas Kesehatan, sangat mengharapkan ada penambahan PCT dan tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Tasikmalaya. “Mudah-mudahan tahun ini ada penambahan PCT,” harap Deden.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya H.R.Agus Bahtiar, M. Kes mengatakan, dengan keterbatasan anggaran secara bertahap Dinkes bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPS) Kabupaten Tasikmalaya berupaya terus melakukan penyuluhan kepada masyarakat. (hakri/dadang)

Sumber: http://www.tubasmedia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6602