Berikan Edukasi Optimal
Tanggal: Sunday, 17 June 2012
Topik: Narkoba


Pontianak Post, 17 Juni 2012

KETUA Gaway Ketapang, Syahran, mengatakan adanya pembinaan terhadap komunitas gay, lelaki seks lelaki, merupaka suatu langkah baik. Pasalnya komunitas tersebut akan bisa dengan mudah diarahkan untuk diberikan edukasi dan penyuluhan tentang bahaya HIV. Melalui penyuluhan bahaya AIDS, dia yakin komunitas ini dapat diberikan pemahaman bagaimana cara mengatasinya.

Selanjutnya, ditambahkan dia, bagaimana mereka menyampaikannya kepada masyarakat lainnya. Sementara di sisi lain, dia menyambut baik upaya mengatasi penularan AIDS yang terus diupayakan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Ketapang. Karena itu, Syahran menilai justru dengan melibatkan PSK, waria, dan sejenisnya, lebih efektif mencegah penularan penyakit membahayakan tersebut. Menurut dia, peran serta semua komponen harus dilibatkan secara persuasif dan edukatif dalam mencegah wabah penyakit ini.

“Dengan pembinaan (akan) memudahkan memberikan penyuluhan. Justru dengan pembinaan, maka dapat mengarahkan mereka untuk berbuat hal-hal yang positif, sehingga tidak hanya pandangan negatif saja yang muncul ke permukaan,” kata Syahran. Dengan pembinaan, dia yakin, tidak hanya memudahkan sosialisasi pemahaman tentang bahaya penularan HIV/AIDS, tetapi juga upaya pencegahannya. Selain itu, ditambahkan dia, komunitas ini juga dapat memberikan kontribusi pemikiran untuk pencegahan. Hal tersebut, menurutnya, dapat dilakukan dengan diarahkan pada kegiatan-kegiatan positif, sehingga dapat mencegah kalangan minoritas ini untuk tidak berkeliaran di mana-mana.

Dia memisalkan seperti di bawah Jembatan Pawan dan lain-lain. Komunitas yang peduli terhadap ODHA ini, diyakini dia, dapat juga mewadahi dan menjembatani para ODHA untuk mendapatkan layanan kesehatan, yang juga merupakan salah satu hak para pengidap penyakit membahayakan tersebut. “Upaya ini yang dilakukan KPA Ketapang yang menjali kemitraan dengan semua kalangan dalam mengatasi bahaya HIV/AIDS. Apalagi Negara Kesatuan Republik Indonesia juga menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia sebagaimana UUD 1945 dan Pancasila,” pungkasnya. (ash)

Sumber: http://www.pontianakpost.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6605