Meningkat, Temuan Penderita HIV/AIDS di Temanggung
Tanggal: Tuesday, 26 June 2012
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 20 Juni 2012

TEMANGGUNG: Masyarakat yang teridentifikasi positif menderita HIV di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mengalami tren peningkatan.

Petugas Administrasi Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Kabupaten Temanggung Agus Anang di Temanggung, Rabu (20/6), mengungkapkan secara keseluruhan teridentifikasi empat orang guru dan dua orang pegawai negeri sipil (PNS) di kabupaten itu yang positif menderita HIV.

Agus menambahkan, satu dari dua orang PNS yang terinfeksi HIV tersebut merupakan temuan pada bulan April 2012 berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium. Sedangkan PNS lainnya dan empat orang guru lain merupakan temuan lama.

Berdasarkan data KPA, penderita HIV/AIDS di wilayah Temanggung saat ini mencapai 190 orang. Sebanyak 90 orang di antaranya telah meninggal dunia.

Dari 190 temuan, sebanyak 172 merupakan temuan kasus pada 1997 hingga 2011. Artinya, rata-rata selama 14 tahun itu ditemukan 12 penderita tiap tahunnya. Sedangkan pada 2012 ditemukan 18 orang penderita HIV/AIDS. Khusus untuk temuan selama Juni 2012 ada dua orang. "Kebanyakan penderita merupakan usia produktif, paling tua berumur 43 tahun. Terbanyak dari kalangan ibu rumah tangga. Lainnya balita ada 16 anak, dua di antaranya temuan tahun ini," papar Agus. (TS/OL-16)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6619