VCT RSDH Temukan 82 Pengidap HIV-AIDS di Papua
Tanggal: Tuesday, 26 June 2012
Topik: HIV/AIDS


JPNN.com, 21 Juni 2012

JAYAPURA - Dari 382 warga yang memeriksakan diri ke VCT RS Dian Harapan (RSDH) Waena sejak Januari hingga pertengahan Juni 2012, 82 orang dinyatakan positif mengidap HIV-AIDS. Menurut Koordinator Ruang VCT RSDH Waena, Br. Agus Adil, mengatakan, dari 82 orang positif mengidap HIV-AIDS tersebut, 50 orang berjenis kelamin laki-laki dan 32 orang perempuan.

Dikatakan, jumlah pengidap HIV-AIDS yang ditemukan ini mengalami peningkatan dibandingkan periode yang sama pada tahun 2011 yang hanya berjumlah 56 orang. "Dibandingkan tahun sebelumnya ada kenaikan sekitar 26 persen dan masyarakat yang ditemukan terinfeksi HIV-AIDS ini, masih tergolong usia produktif yaitu 15 sampai 49 tahun," ungkap Br. Agus Adil saat ditemui Cenderawasih Pos (JPNN Group) di ruang kerjanya, Rabu (20/6).

Tentang penularannya, Br.Agus mengatakan, penularan virus HIV-AIDS terhadap 82 orang tersebut, semuanya melalui hubungan seks dengan berganti-ganti pasangan dan hubungan seks tidak sehat. Bahkan dari 82 orang yang terinfeksi ini terdapat sepasang suami istri.

Terkait temuan tersebut, VCT RSDH Waena menurutnya telah mengambil sejumlah tindakan diantaranya memberikan obat secara teratur. VCT RSDH menurut Br.Agus juga memberikan pendampingan kepada 82 pengidap HIV-AIDS ini agar mengkonsumsi obat yang diberikan secara teratur. "Selain mengkonsumsi obat secara teratur, mereka juga harus mengkonsumsi makanan bergizi secara teratur agar daya tahan tubuhnya bisa naik. Sehingga mereka tidak mudah terserang penyakit," jelasnya.

Selain penanganan terhadap warga yang terinfeksi, VCT RSDH Waena juga melakukan upaya pencegahan dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat yang belum terinfeksi. Penyuluhan yang diberikan ini menurut Br. Agus untuk membangun kesadaran masyarakat agar selalu bisa menjaga diri dengan tidak melakukan hubungan seks bebas dan berganti-ganti pasangan. (ren/nat)

Sumber: http://www.jpnn.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6623