Seks Bebas di Kalangan Remaja Kian Mengkhawatirkan
Tanggal: Thursday, 28 June 2012
Topik: Narkoba


Media Indonesia, 27 Juni 2012

LOMBOK TIMUR: Perilaku seksual yang tidak sehat di kalangan remaja cenderung meningkat. Sekitar 1% remaja perempuan berusia 15 sampai 24 tahun pernah melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Sedangkan remaja laki-laki yang melakukan hal sama angkanya lebih tinggi, yaitu 2,6%.

Demikian dikatakan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Sugiri Syarief dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Utama BKKBN Subagyo dalam acara GenRe Goes to School di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Pringgasela, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Rabu (27/6).

Menurutnya, meningkatnya perilaku seksual pranikah di kalangan remaja diperkuat oleh data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 2009 dari penelitian di empat kota. Sebanyak 35,9% remaja punya teman yang sudah pernah melakukan hubungan seksual sebelum menikah.

"Bahkan, 6,9% responden telah melakukan hubungan seksual pranikah. Keempat kota itu adalah Jakarta Pusat, Medan, Bandung dan Surabaya," katanya.

Ia juga mengungkapkan, berdasarkan penelitian Australian National University dan Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia pada 2010 di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, dengan sampel 3.006 responden usia kurang dari 17 sampai 24 tahun, 20,9% remaja hamil dan melahirkan sebelum menikah.

Terungkap pula, 38,7% remaja hamil sebelum menikah dan melahirkan setelah menikah. Dari data tersebut terdapat proporsi relatif tinggi pada remaja yang mernikah karena hamil yang tidak diinginkan.

Terkait jumlah kasus baru HIV, pada periode Januari-September 2011 tercatat sebesar 21.031 kasus dan AIDS sebanyak 4.162 kasus. Data tersebut, ujarnya, merupakan fenomena gunung es. Artinya, data itu hanya yang dilaporkan.

Sedangkan kasus HIV secara kumulatif dari 1987 sampai 2011 tercatat sebanyak 76.879 kasus dan AIDS 29.879 kasus. Dari jumlah tersebut, 45,4% di antaranya diderita oleh kelompok usia 20 sampai 29 tahun.

"Jika dikaitkan dengan karakteristik AIDS yang gejalanya baru muncul setelah tiga sampai 10 tahun terinfeksi, hal ini semakin membuktikan bahwa sebagian besar dari mereka yang terkena AIDS telah terinfeksi pada usia yang lebih muda," kata Subagyo. (Pbu/OL-9)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6662