Pertemuan Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS Kota Bandung
Tanggal: Monday, 02 July 2012
Topik: HIV/AIDS


InfoPublik, 29 Juni 2012

Bandung – Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung dr. Ahyani Raksanagara, M.Kes. mengatakan, tiap tahun rata-rata ditemukan sebanyak 40 kasus baru HIV pada ibu rumah tangga (IRT) di Kota Bandung.

“Sementara jumlah kumulatif kasus HIV/AIDS di Kota Bandung sejak 1991 hingga Maret 2012 tercatat 2.690 kasus,” katanya dalam pertemuan integrasi program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS oleh warga peduli AIDS (WPA), di posyandu, Balai Kota Bandung, Jl. Wastukancana, Kamis (28/6).

Jumlah tersebut, lanjut Ahyani, masih di bawah estimasi atau perkiraan yang mencapai 3.871 kasus. Untuk itulah, WPA diharapkan bisa menjadi agen informasi HIV/AIDS dalam setiap kegiatan yang di dalamnya terdapat keikutsertaan ibu rumah tangga.

Sementara itu, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung akan mengikutsertakan posyandu dalam berbagai kegiatan WPA di Kota Bandung. Upaya dilakukan agar program pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS di Kota Bandung bisa dilaksanakan lebih optimal.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bandung Ny. Nani Dada Rosada mengatakan, saat ini HIV/AIDS sudah menyentuh semua kelompok usia dan status sosial. Salah satu di antaraanya, HIV/AIDS sudah menyerang ibu rumah tangga.

Bahkan, beberapa tahun terakhir ini, kasus HIV/AIDS yang terjadi pada ibu rumah tangga mengalami peningkatan. Pada tahun 2011, terdapat 248 kasus HIV yang menginfeksi ibu rumah tangga di Kota Bandung. Sementara pada anak-anak mencapai 75 kasus.

"Ini berarti mereka yang berperilaku risiko tinggi menularkan HIV kepada pasangannya, terutama kepada ibu rumah tangga. Jumlahnya cenderung meningkat," ungkap Nani dalam siaran pers yang diterima, Kamis (28/6).

Karena itulah, Nani menyambut gembira adanya forum WPA di 22 kecamatan di Kota Bandung. Karena keberadaan WPA ini bisa membantu masyarakat untuk lebih peduli dan waspada pada perkembangan HIV/AIDS di Kota Bandung. (MC. Kota Bandung/toeb)

Sumber: http://www.bipnewsroom.info




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6674