HTI Kudus Tolak Pembagian Kondom
Tanggal: Tuesday, 03 July 2012
Topik: Narkoba


Suaramerdeka.com, 03 Juli 2012

KUDUS - Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Kabupaten Kudus tetap menengaskan menolak rencana Menkes untuk membagikan kondom secara gratis. Kelompok tersebut menilai upaya seperti itu bukan merupakan cara yang tepat untuk mencegah penyebaran HIV AIDS.

Ketua DPD II HTI Kudus Agung Dwi Nurcahyo kepada Suara Merdeka menyatakan, bila pemerintaha berrmaksud mereduksi potensi penyebaran penyakit mematikan, justru harus langsung mengarah ke persoalan utamanya. ''Persoalan utamanya yakni seks bebas, itu yang harus direduksi,'' katanya, Selasa (3/7).

Pandangan sejumlah kalangan yang menyebutkan pembagian kondom secara gratis justru akan menjadi kontraproduktif. Langkah seperti itu diyakini akan memicu maraknya seks bebas. ''Yang kami khawatirkan justru dampak seperti itu,'' paparnya.

Terkait keinginan pemerintah melalui Menkes tersebut, HTI Kudus secara tegas mengecamnya. Kelompok tersebut juga akan menyampaikan penentangan apabila pembagian diterapkan di Kota Keretek. ''Kami akan terus menentangnya,'' ujarnya.

Pihaknya justru menuding apa yang diwacanakan tersebut sebagai solusi bernuansa sekulerisme dan kapitalisme. Pada akhirnya, Agung meyakini justru masyarakat yang akan dirugikan.

Sebagai gantinya, pemerintah harus mempunyai langkah dan komitmen yang kuat untuk dapat menutup penyebaran HIV AIDS serta aborsi. Pekerjaan rumah yang harus diatasi yakni mengenai perilaku seks bebas itu sendiri. Banyak faktor yang harus dibenahi agar perilaku tersebut dapat dikikis. ''Sejumlah hal perlu dilakukan,'' ungkapnya.

Salah satunya, yakni menutup pintu berkembangnya pergaulan bebas khususnya di kalangan generasi muda. Penerjemahan hal tersebut dapat ditempuh melalui berbagai hal. Selain tindakan pembinaan, hal itu juga harus didukung dengan penegakkan aturan yang ada.

''Kami meyakini upaya seperti itu akan lebih efektif dibandingkan membagikan kondom secara gratis kepada masyarakat,'' imbuhnya.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6687