Tes HIV Kini Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah
Tanggal: Wednesday, 04 July 2012
Topik: HIV/AIDS


VIVAnews, 04 Juli 2012

Apabila Anda malu melakukan tes HIV, kini ada solusinya agar pengujian bisa lebih pribadi. Perangkat tes OraQuick mengecek air liur dengan alat yang dimasukkan dalam mulut untuk mengetes HIV. Hasilnya bisa diketahui hanya dalam 20 hingga 40 menit. Kemudahan ini seperti alat pengetes kehamilan yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Pemerintah Amerika Serikat memperkirakan 1,2 juta orang di AS positif terkena HIV. Tapi, ada 20 persen orang yang tidak mengetahuinya.

Badan Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) mengatakan mereka berharap alat ini dapat menjangkau orang yang tidak melakukan tes. Alat ini direncanakan akan dijual di 30.000 toko obat, toko peralatan rumah tangga, dan online.

Produsennya, OraSure belum mengatakan harga jual alat ini. Tapi, mereka mengatakan harganya akan kurang dari US$60 (Rp580 ribuan).

"Kami berharap semua toko ritel besar akan menjual produk ini," ujar Pemimpin Eksekutif, Douglas Michels seperti dilansir dari BBC.

Michels menambahkan, perusahaannya merencanakan upaya besar-besaran untuk memasarkan alat tes ini.

Perangkat tes HIV ini akan dijual di AS hanya dalam hitungan bulan. Pemerintah sudah menyetujui penjualannya.

Persetujuan pemerintah menuai pujian dari aktivis HIV/AIDS.

"Alat tes ini akan memungkinkan semua orang memberdayakan dirinya untuk mau mengetahui status HIV kapan saja, bagaimana, dan dengan siapa saja yang mereka mau," ujar pendiri Who's Positive, Tom Donohue.

FDA memberikan peringatan dalam pengumumannya. Akurasi alat ini tidak dijamin 100 persen. Pihak FDA menekankan perlu tes tambahan yang dilakukan pihak medis profesional untuk mengonfirmasi hasilnya. (eh)

Sumber: http://teknologi.news.viva.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6692