95 Orang di Temanggung Meninggal Akibat HIV/AIDS
Tanggal: Thursday, 05 July 2012
Topik: HIV/AIDS


Suaramerdeka.com, 04 Juli 2012

TEMANGGUNG - Sebanyak 95 orang dari berbagai kecamatan di Kabupaten Temanggung meninggal dunia akibat HIV/AIDS. Dari jumlah meninggal tersebut tujuh di antaranya merupakan balita.

Petugas Administrasi Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Temanggung, Agus Anang mengatakan, jumlah meninggal itu dari total 192 penderita, yang terhitung sejak kali pertama kasus HIV/AIDS ditemukan pada tahun 1997 lalu. "Kalau jumlah kasus HIV/AIDS terhitung di semester pertama tahun 2012 ini ada 20 kasus. Yang terbaru pada bulan Maret ada empat kasus, April empat kasus, dan Juni juga empat kasus," katanya, Rabu (4/7).

Sementara itu dari catatan KPA saat ini sedikitnya ada dua orang pegawai negeri sipil (PNS) dan empat orang guru positif menderita HIV akibat heteroseksual. Satu dari dua PNS merupakan temuan pada bulan April 2012 lalu. Sedangkan satu PNS lagi dan empat orang guru merupakan temuan lama.

Disebutkan Agus, kebanyakan penderita merupakan usia produktif dan paling tua berumur 43 tahun. Faktor heteroseksual kata dia, saat ini lebih mendominasi penularan HIV/AIDS, dibanding narkoba.

"Penderita itu kebanyakan dari kalangan usia produktif, dengan dominasi jumlah terbanyak ibu rumah tangga, lainnya balita dan anak-anak. Kalau faktor penularan ya, dari heteroseksual atau penggunaan narkoba," imbuhnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, dari berbagai kecamatan, wilayah Parakan merupakan yang terbanyak terdapat penderita yakni 54 kasus. 19 orang di antaranya telah meninggal dunia, dan lima orang lagi merupakan penemuan baru pada tahun 2012 ini. Peringkat kedua Kecamatan Temanggung dengan 20 kasus, disusul Kecamatan Kedu dan Kaloran 12 kasus.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6694