Virus HIV/AIDS rambah anak-anak di Batam
Tanggal: Monday, 09 July 2012
Topik: HIV/AIDS


Waspada Online, 06 Juli 2012

BATAM - Sebanyak 21 bocah berumur bawah 14 tahun di Kota Batam, Kepulauan Riau, positif mengidap human immunodeficiency virus-infection dan acquired immunodeficiency syndrome (HIV/AIDS) dalam satu tahun terakhir.

"Selama setahun terakhir tercatat ada 21 anak berusia di bawah 14 tahun mengidap HIV/AIDS. Itu hanya data dari Voluntary Counselling and Testing (VCT) HIV Centre Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK) Batam. Belum dari tempat pemeriksaan lain," kata Ketua Dewan Perkumpulan RSBK Sri Soedarsono di Batam, hari ini.

Ia mengatakan, kondisi itu menunjukkan HIV/AIDS sudah menjalar dan merambah pada kalangan yang seharusnya tidak masuk golongan rentan terhadap penularan penyakit tersebut. "Perlu peran semua pihak untuk penanggulangan HIV/AIDS, karena dalam beberapa tahun terakhir pun ada temuan ibu hamil dan anak-anak terjangkit virus mematikan tersebut," katanya.

Berdasarkan data VCT Kasper HIV Centre RSBK pada 2011 terdapat sebanyak 245 penderita HIV, terdiri 120 laki-laki dan 125 perempuan. "Di antara pengidap HIV baru tersebut, 102 yang positif AIDS, terdiri atas 65 laki-laki, 33 perempuan dan empat anak-anak berjenis kelamin perempuan," ujarnya.

Sementara itu, sepanjang Januari-Juni 2012 terdapat 163 penderita HIV, terdiri atas 84 laki-laki dan 79 perempuan. Penderita AIDS baru sebanyak 85 orang, terdiri atas 54 laki-laki, 27 perempuan, dan empat anak-anak berjenis kelamin perempuan. "Dari jumlah itu, terdapat 37 penderita HIV/AIDS dan tiga anak-anak yang meninggal dunia," kata Soedarsono.

Sumber: http://www.waspada.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6702