119 Penderita HIV/AIDS di Atambua Meninggal
Tanggal: Monday, 09 July 2012
Topik: HIV/AIDS


KOMPAS.com, 06 Juli 2012

ATAMBUA - Jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, setiap tahun terus meningkat. Tahun ini jumlah penderitanya mencapai 654 orang dan 119 orang lainnya meninggal dunia, berdasarkan data dinas kesehatan setempat.

Bila pada 2004 terdapata 15 kasus HIV/AIDS, pada tahun 2011 jumlahnya menjadi menjadi 203 kasus. Hal tersebut disampaikan, Wakil Bupati Belu Ludovikus Taolin Kamis (5/7/2012). M

enurut Taolin, penyebaran virus mematikan di kabupaten yang berbatasan dengan Timor Leste tersebut melalui jarum suntik dan hubungan seks bebas. Selain itu, menurutnya, Kabupaten Belu merupakan transit menuju Timor Leste, sehingga menjadi alasan kuat masuknya HIV/AIDS melalui orang luar dan juga para tenaga kerja yang bekerja di luar negeri.

"Kita bisa mendata banyak penderita HIV AIDS karena kita sebagai pimpinan daerah selalu turun sosialisasi ke masyarakat secara terus menerus, bersama instansi terkait seperti dari Komisi Perlindungan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Belu dan juga Dinas Kesehatan, berupaya untuk menyadarkan kepada masyarakat akan bahaya penyakit ini. Selain itu juga adanya layanan konseling dan tes sukarela (VCT) yang tersebar di 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Belu sehingga penderita yang berada di daerah terpencil tidak perlu jauh-jauh ke kota," jelas Taolin.

Menurut Taolin, kesulitan terbesar dalam mendata warga yang telah terjangkit virus yang mematikan itu yaitu terhadap warga yang sudah berkeluarga atau menikah karena akan sedikit menimbulkan konflik dalam rumah tangga.

Tetapi karena pemerintah yang memiliki komitmen kuat dengan terus melakukan sosialisasi, sehingga akhirnya para pasangan yang telah berkeluarga itu dengan sadar datang sendiri untuk lakukan pemeriksaan.

Dukungan dari pemerintah daerah untuk melakukan pencegahan selain melalui sosialisasi, juga dengan dukungan dana sebanyak Rp 350 juta per tahun kepada KPAD agar selanjutnya memberikan pendampingan yang lebih serius kepada para penderita HIV/AIDS.

Data yang didapat Kompas.com dari Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, tercatat penderita HIV/AIDS untuk Kabupaten Belu yaitu, 360 orang laki-laki, 292 orang perempuan dan waria dua orang.

Sumber: http://regional.kompas.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6704