21 Anak Mengidap HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 09 July 2012
Topik: HIV/AIDS


INIlLAH.COM, 07 Juli 2012

Seraya - Sebanyak 21 anak dibawah umur 14 tahun mengidap HIV/AIDS selama 2011 hingga sekarang. Dari jumlah tersebut, terdapat sebanyak 5 anak dibawah umur yang akhirnya meninggal dunia.

"Selama setahun terakhir, terdapat sebanyak 21 anak dibawah umur yang terdata di VCT (Voluntary Counselling and Testing HIV) Kasper HIV Centre Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK)," ungkap Ketua Dewan Perkumpulan RSBK, Sri Soedarsono dalam pembukaan Pelayanan Keluarga Berencana Rumah Sakit (PKBRS) di RSBK, Seraya, Jumat (6/7).

Sri Soedarsono mengajak, semua pihak untuk bersama-sama membantu dalam penanggulangan HIV/AIDS di Kota Batam. Karena penyebarannya sudah sampai ke ibu-ibu rumah tangga dan anak.

Deputi Latbang BKKBN Pusat, Kasmi Yati mengaku prihatin dengan mulai menyebarnya virus HIV/AIDS hingga di kalangan anak-anak. Kepada para orang tua, ia mengimbau agar orang tua yang terkena virus HIV/AIDS untuk mempertimbangkan dalam memiliki anak.

"Kami sarankan kalau orang tua, terutama kaum perempuan yang terkena HIV/AIDS, tidak berfikir lagi punya anak. Karena saat menyusui, kemungkinan besar anak akan tertulas virus tersebut," katanya.

Berdasarkan data VCT Kasper HIV Centre RSBK pada 2011, terdapat sebanyak 245 penderita HIV yang terdiri 120 laki-laki dan 125 perempuan. Sedangkan penderita AIDS sebanyak 104 orang, terdiri atas 65 laki-laki, 33 perempuan dan 4 anak-anak berjenis kelamin perempuan. Dari jumlah itu, terdapat sebanyak 53 penderita HIV/AIDS.

Sementara pada Januari-Juni 2012, terdapat sebanyak 163 penderita HIV, terdiri atas 84 laki-laki dan 79 perempuan. Sedangkan penderita AIDS sebanyak 85 orang, terdiri atas 54 laki-laki, 27 perempuan dan 4 anak-anak berjenis kelamin perempuan. Dari jumlah itu, terdapat 37 penderita HIV/AIDS dan 3 anak-anak yang meninggal dunia.

Sumber: http://sindikasi.inilah.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6705