Pengidap HIV/AIDS di Ternate terus meningkat
Tanggal: Monday, 09 July 2012
Topik: HIV/AIDS


ANTARA News, 08 Juli 2012

Ternate - Angka pengidap HIV/AIDS di Ternate, Maluku Utara (Malut), terus menunjukkan peningkatan, sehingga membutuhkan langkah-langkah konkret dari pihak terkait untuk mengatasinya.

"Jumlah pengidap HIV/AIDS di Ternate awal 2012 tercatat 57 orang dan saat ini telah meningkat menjadi 78 orang," kata Wakil Wali Kota Ternate, Arifin Djafar, di Ternate, Minggu.

Menurut dia, jumlah pengidap HIV/AIDS di Ternate yang meninggal pun terus bertambah, yakni telah mencapai 23 orang. Jumlah itu dihitung sejak tahun 2007.

Arifin, yang juga Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) mengatakan, langkah-langkah yang dilakukan instansi terkait untuk menekan penyebaran virus HIV/AIDS tersebut, di antaranya dengan memutus mata rantai penyebarannya, seperti menyediakan outlet kondom gratis.

"Meskipun mendapat kecaman, namun Pemkot Ternate telah melaksanakan kebijakan tersebut dalam menekan angka peningkatan HIV/AIDS di Kota Ternate yang mencapai 18 persen," katanya.

Selain itu, melakukan pendampingan dan pembinaan kepada para penderita HIV/AIDS agar mereka tetap optimistis dalam menjalani kehidupan, terutama dalam melakukan pengobatan.

"Para penderita itu kita cegah jangan sampai mengalami depresi, karena hal itu sampai terjadi tidak tertutup kemungkinan mereka akan berupaya menularkan virus HIV/AIDS kepada orang lain, misalnya melalui hubungan seks bebas," ujarnya.

Langkah lain yang dilakukan untuk mencegah terus meluasnya penyebaran HIV/AIDS di Ternate adalah, KPA bekerja sama dengan DPRD Kota Ternate membuat Perda tentang penanggulangan HIV/AIDS.

Perda itu memuat tentang kewajiban bagi Pemkot Ternate untuk mengalokasikan anggaran pada APBD untuk penanggulangan HIV/AIDS melalui KPA Ternate.

Dalam kerja sama itu, Dinas Kesehatan Ternate akan fokus melakukan pengobatan dan pendampingan kepada penderita dan KPA memberikan penyuluhan akan bahaya HIV/AIDS kepada masyarakat.

Sedangkan MUI Ternate dalam kerja sama tersebut bertugas memberikan pemahaman agama kepada ummat mengenai pentingnya menjauhi hubungan seks bebas dan bahaya dari HIV/AIDS.

Pemkot Ternate yang juga sebagai pintu masuk Provinsi Malut akan diintensifkan pengawasannya dengan melakukan upaya penyuluhan dan pencegahan, salah satunya bekerja sama dengan pihak Administrator Pelabuhan (Adpel) Ternate.

Sumber: http://www.antaranews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6706