Pemakaian Kondom Pada PSK Terus Menurun
Tanggal: Thursday, 19 July 2012
Topik: Narkoba


TRIBUNNEWS.COM, 19 Juli 2012

JAKARTA - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) DKI membentuk program Pencegahan HIV Melalui Transmisi Seksual (PMTS) dikarenakan penularan HIV/AIDS melalui hubungan seks cukup tinggi dan keengganan masyarakat menggunakan kondom.

Menurut Sekretaris KPA DKI, Rohana Manggala, pihaknya sudah mempunyai sasaran tempat-tempat untuk program PMTS. Seperti industri hiburan, bar, karaoke, panti pijat, hotel, diskotik, dan spa. Rohana menjelaskan program PMTS ini bertujuan untuk mengubah perilaku masyarakat agar melakukan hubungan seks yang sehat, seperti menggunakan kondom.

"Kami bahkan sudah bagikan kondom secara gratis pada masyarakat. Tetapi itu juga tidak mudah. Malah pemakaian kondom pada pekerja seks komersial (PSK) terus menurun tiap tahunnya," ujar Rohana di Jakarta, Kamis (19/7/2012).

Sementara itu, Program Officer Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) DKI, Santi Sardy, mengakui untuk mengubah perilaku masyarakat agar menggunakan kondom cukup sulit. Menurutnya selama ini pemakaian kondom bukan karena kesadaran untuk menjaga kesehatan diri sendiri, tetapi karena disuruh oleh orang lain.

"Seperti diketahui, program ini sudah sejak 2009 dilakukan. Memang ini tidak gampang, karena kalau bukan karena kesadaran diri sendiri, sifatnya hanya sementara," pungkasnya.

Sumber: http://www.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6737