Duh, Kesadaran Pengguna Kondom di DKI Minim
Tanggal: Thursday, 19 July 2012
Topik: Narkoba


Metrotvnews, 19 Juli 2012

KESADARAN masyarakat mengenai penggunaan kondom untuk berhubungan seks dengan sehat dan aman masih minim. Padahal, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) DKI Jakarta telah membagi kondom secara gratis.

KPA DKI Jakarta menerapkan pelaksanaan program Pencegahan HIV Melalui Transmisi Seksual (PMTS) dengan membagi-bagikan kondom secara gratis. Namun di tahap pertama, pencapaian program jauh dari target.

KPA menargetkan menjaring 4 ribu pekerja seks di Jakarta Barat. Namun, hanya 1.689 yang tercapai. Di Jakarta Utara, dari target 2.000, KPA hanya mampu mencapai 1.638 pekerja. Di Jakarta Pusat, pekerja yang tercapai hanya 1.350 orang dari target 1,500 jiwa. Sementara di Jakarta Timur, KPA hanya mampu menjaring 1.041 dari 1.846 pekerja.

"Hal itu tidak mudah dilaksanakan, karena berbagai alasan justru pemakaian kondom pada pekerja seks tiap tahunnya justru menurun," urai Sekretaris KPA DKI Jakarta Rohana Manggala di Jakarta.

Rohana mengatakan sasaran PMTS adalah industri hiburan, seperti panti pijat, bar, karaoke, spa, hotel, dan diskotek. Program PMTS bertujuan untuk mengubah perilaku masyarakat agar melakukan hubungan seks dengan sehat dan aman yaitu dengan menggunakan kondom.

Pelaksanaan PMTS menggunakan pendekatan komprehensif guna mencapai sasaran. Selain KPA DKI Jakarta, lembaga yang tergabung dengan program itu adalah Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI).

Rohana menjelaskan semua wilayah harus terjangkau program PMTS pada 2012. Di Jakarta Selatan, untuk tahap awal sasaran lokasinya adalah Kebayoran Baru, Jakarta Barat di Kecamatan Taman Sari, Kelurahan Mangga Besar, Kecamatan Grogol Petamburan, dan Kecamatan Tambora.

Untuk Jakarta Pusat, difokuskan di Puskesmas Kecamatan Gambir, Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Puskesmas Kecamatan Tanahabang, dan Puskesmas Kecamatan Menteng Jakarta Utara dilakukan di Puskesmas Kecamatan Penjaringan, Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok, Puskesmas Kecamatan Koja dan Puskesmas Cilincing. Dan untuk Jakarta Timur di Puskesmas Kecamatan Ciracas, Puskesmas Kecamatan Jatinegara, Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, dan Puskesmas Pasar Rebo.

Program officer PKBI DKI Jakarta Santi Sardy juga mengakui kesulitan untuk mengubah perilaku masyarakat terkait penggunaan kondom. Sebab, lanjut dia, selama ini pemakaian kondom bukan karena dari kesadaran untuk menjaga kesehatan diri sendiri tetapi karena disuruh oleh orang lain.

"Jika bukan karena kesadaran diri sendiri sifatnya hanya sementara," jelasnya. (MI/RRN)

Sumber: http://www.metrotvnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6739