Ibu Rumah Tangga Terkena HIV/AIDS Bisa Ikuti Program PMTCT
Tanggal: Monday, 23 July 2012
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNNEWS.COM, 20 Juli 2012

JAKARTA - Dinas Kesehatan DKI mengimbau kepada ibu rumah tangga yang terlanjur terinfeksi HIV/AIDS untuk mengikuti program Prevention Mother To Child Transmission (PMTCT) yang bertujuan mencegah tertularnya anak yang lahir dari ibu yang terinfeksi HIV/AIDS.

Kepala Dinas Kesehatan DKI, Dien Emmawati, mengatakan para ibu rumah tangga yang terinfeksi HIV/AIDS akan diberikan penyuluhan mengenai virus ini. Menurutnya penyuluhan dapat dilakukan di puskesmas, rumah sakit, sampai tatap muka langsung dengan dokter.

"Kalau sudah terlanjur terinfeksi, dapat mengikuti program PMTCT yang bertujuan mencegah tertularnya anak yang lahir dari ibu yang terinfeksi HIV/AIDS. Program ini fokus pada empat hal utama," ujar Dien, Jumat (20/7/2012).

Empat hal tersebut, kata Dien, yakni bagaimana mencegah wanita usia produktif agar tidak terinfeksi HIV/AIDS, mencegah wanita dengan HIV/AIDS hamil diluar rencana, mencegah wanita dengan HIV/AIDS yang hamil diluar rencana agar tidak menularkan virus tersebut kepada anaknya, dan memberikan dukungan secara psikologis dan ekonomi kepada ibu hamil yang positif HIV/AIDS.

"Program PMTCT ini ada di enam rumah sakit di Jakarta, seperti RSUD Tarakan, RSPAD Gatot Subroto, RSUD Koja, RS Sulianti Saroso, RS Fatmawati dan RS Persahabatan. Pelayanan ini juga dapat ditemui di empat Puskesmas Jakarta seperti puskesmas Tebet, Tambora, Gambor dan Setiabudi," imbuhnya.

Sumber: http://www.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6741