Anggaran untuk Berantas AIDS Jangan Terus Dikurangi
Tanggal: Tuesday, 24 July 2012
Topik: Narkoba


KOMPAS, 24 Juli 2012

WASHINGTON DC
- Konferensi AIDS Sedunia yang dibuka di Washington DC, Amerikat Serikat, Minggu (22/7), mengingatkan, pengetatan anggaran yang terus dilakukan pemerintah di seluruh dunia jangan sampai memperlambat upaya pemberantasan virus yang memperlemah daya tahan tubuh manusia itu.

Dr Diane Havlir, pakar AIDS dari San Francisco, dalam acara pembukaan konferensi dua tahunan yang dihadiri ribuan peneliti, pemimpin, diplomat kelas dunia, serta para pemangku kepentingan lain itu, mengatakan, dunia masih berpeluang untuk memulai lagi upaya pemberantasan AIDS.

Dia mengatakan, adalah suatu kegagalan kehendak dan nurani global yang luar biasa apabila pengurangan anggaran menghadang peluang itu. Demikian dilaporkan Herman Hakim, koresponden Kompas, dari Washington DC.

Menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa, 34 juta orang di dunia mengidap HIV/AIDS dan 1,7 juta orang meninggal akibat penyakit itu tahun 2011.

Konferensi tahun ini yang bertema ”Turning the Tide Together” itu dihadiri lebih dari 2.000 peserta. Tokoh-tokoh terkemuka dunia hadir dalam konferensi itu, di antaranya mantan Presiden AS Bill Clinton, mantan Ibu Negara Laura Bush, penyanyi Elton John, dan bintang film Whoopi Goldberg.

Lebih dari 1.000 orang menggelar pawai damai di pusat kota Washington untuk menyerukan agar penyakit HIV/AIDS mendapat perhatian.

Konferensi dua tahunan itu diselenggarakan di AS untuk pertama kalinya dalam 22 tahun, setelah Presiden Barack Obama mencabut larangan wisatawan pengidap AIDS memasuki AS

Sumber
: http://health.kompas.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6754