Tingkat Kematian Akibat HIV/AIDS di Aceh Capai 50 Persen
Tanggal: Wednesday, 25 July 2012
Topik: HIV/AIDS


The Globe Journal, 25 Juli 2012

Banda Aceh - Tingkat kematian akibat terinfeksi penyakit HIV/AIDS di Aceh masih relatif tinggi. Hal ini butuh perhatian khusus untuk bisa ditanganinya - supaya angka kematian bisa ditekan.

Hal ini seperti dijelaskan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) saat usai pembukaan Rapat Kerja Kesehatan daerah (Rakerkesda) Aceh. Di Aceh terjadi peningkatan kasus kumulatif HIV/AIDS pada tahun 2011 yaitu 112 kasus. Dibandingkan tahun 2010 relatif lebih rendah yaitu hanya 71 kasus dan bahkan tahun 2009 jauh lebih rendah terinfeksi penyakit tersebut yaitu hanya 46 kasus.

"Saat ini Aceh terjadi peningkatan kasus kumulatif HIV/AIDS dan angka kematiannya pun sangat tinggi, yaitu mencapai 50%, ini masih sangat tinggi,"kata Menkes RI, dr.Nafsiah, Mboi, Sp.A,MPH usai acara pembukaan Rakerkesda Aceh Rabu (25/7) di Hermes Palace.

Oleh karenanya, lanjut Menkes, ini butuh perhatian semua pihak untuk mengatasinya. Selain itu harus dilakukan sosialiasi untuk tetap berprilaku hidup sehat, terutama terhadap penyakit HIV/AIDS tersebut.

Saat disinggung apa penyebab utama banyaknya terjadi dan meningkatnya yang terinveksi HIV/AIDS di Aceh. Apakah akibat dari pengaruh Narkoba atau lainnya. Ia menuturkan, ada banyak faktor terjadi di masyarakat. Namun yang lebih sering saat ini adalah penggunaan sex yang tidak aman. Sehingga terjadi penularan dan terinfeksi penyakit tersebut.

"Di Aceh faktor utama itu adalah penggunaan sex yang tidak aman, bukan Narkoba," jelas Menkes kembali.

Semua itu kembali pada masyarakat itu sendiri dalam menjaga kesehatan. Perilaku masyarakat sangat menentukan bisa hidup sehat. "Semua itu kembali pada perilaku masyarakat sendiri, misalnya bila seseorang tidak merokok, maka akan terhindar dari penyakit kanker, demikian juga dalam hal HIV/AIDS, bila berprilaku sex aman, maka bisa terhindar dari itu," jelas Menkes RI lagi.

Sumber: http://www.theglobejournal.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6761