Menkes: Penggunaan Kondom Rendah Penyebab HIV/AIDS Terus Meningkat
Tanggal: Friday, 27 July 2012
Topik: HIV/AIDS


Harian Analisa, 27 Juli 2012

Banda Aceh, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menyatakan, penyebaran penyakit HIV/AIDS yang terus meningkat tiap tahun di Provinsi Aceh, akibat perilaku seks menyimpang yang tidak diikuti dengan penggunaan kondom. Padahal, penggunaan kondom dinilai paling ampuh untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS dari orang yang sudah terkena penyakit yang dapat menghilangkan kekebalan tubuh itu, kepada orang masih sehat.

"Rendahnya penggunaan kondom menyebabkan penyebaran HIV/AIDS ini susah diturunkan termasuk di Aceh. Kesulitan utama adalah prilaku seks berisiko semakin meningkat, sedangkan penggunaan kondom sangat rendah," ujar Nafsiah Mboi kepada wartawan usai membuka Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Aceh dan Pembinaan Terpadu Kementerian Kesehatan di sebuah hotel berbintang di Banda Aceh, Rabu (25/7).

Jadi, tambahnya, kalau memang sudah seks berisiko terutama jika dilakukan dengan yang bukan pasangannya yang sah, tidak ada jalan lain, kecuali penggunaan kondom.

Mendapat Tantangan

"Di sinilah letaknya makin meningkat terus penyakit AIDS di Aceh, kita masih mendapat tantangan untuk penggunaan alat kontrasepsi kondom ini sehingga penularan penyakit menjalar terus," tegasnya.

Kasus penyakit HIV/AIDS di Aceh selama beberapa tahun terakhir menunjukkan terjadi peningkatan. Pada tahun 2011 mencapai 112 kasus dibandingkan tahun 2010 sebanyak 71 kasus dan tahun 2009 sebanyak 46 kasus.

Menkes menambahkan, upaya pihaknya saat ini yang mengkampanyekan penggunaan kondom untuk mencegah penularan HIV/AIDS akibat hubungan seks berisiko, masih banyak ditentang sejumlah pihak, karena dianggap telah melegalkan seks bebas.

"Sebenarnya tidak, kita bukan melegalkan seks bebas. Kasus HIV/AIDS masih sulit dicegah karena prilaku seks berisiko yang masih terus terjadi di kalangan masyarakat. Di samping itu, pemerintah juga masih dihadapkan pada tantangan dalam mensosialisasikan penggunaan kondom di kalangan masyarakat," sebutnya.

Sementara faktor lain seperti penggunaan narkoba, Menkes menjelaskan, sekarang ini sudah mulai menurun. "Memang betul tadinya termasuk di Provinsi Aceh ini, narkoba cukup memberikan kontribusi peningkatan dan penularan HIV/AIDS, namun Alhamdulillah sekarang sudah menurun," ungkapnya. (mhd)

Sumber: http://www.analisadaily.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6769