Dinkes Muna Susun Raperda HIV/AIDS
Tanggal: Tuesday, 07 August 2012
Topik: HIV/AIDS


INILAH.COM, 30 Juli 2012

Raha - Program pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS di kabupaten Muna diharapkan lebih efektif. Untuk mendukung hal tersebut, Pemkab Muna melalui Dinas kesehatan kabupaten Muna tengah menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV & AIDS.

Melalui Perda tersebut, diharapkan penanggulangan HIV dan AIDS di Muna akan lebih terarah.

“Perda ini sangat penting karena nantinya akan menjadi acuan bagi kebijakan pemerintah dalam mengatasi masalah HIV & AIDS di Muna, “ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Muna, Hayari.

Dikatakannya, penyusunan raperda tersebut, didasarkan trend peningkatan jumlah penderita HIV/AIDS Muna. Berdasarkan data yang dimiliki Dinkes Muna, tercatat hingga pertengahan tahun 2012, pihaknya kembali mengidentifikasi delapan kasus baru, melengkapi belasan kasus penderita HIV/AIDS Muna. Jumlah tersebut katanya, mendudukan kabupaten Muna, menjadi kabupaten dengan jumlah penderita tertinggi di Sultra.

“Meski demikian, Muna dan Sultra sekarang masih berada pada titik aman berdasarkan prasentase per falensi yang masih dibawah 0,005. Angka ini jauh dibawah dibanding daerah lain di Indonesia, khususnya Papua,“paparnya.

Saat ini, lanjut Hayari, pihaknya terus melakukan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS dengan aksi jemput bola dimasyarakat. Diantaranya, melakukan sosialisasi dan pemeriksaan gratis kepada masyarakat, khususnya para perantau yang pulang kampung untuk segera memerkisakan diri ke RSUD Raha, untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit bawaan termasuk HIV/AIDS masuk Muna.

Dimana diketahui, katanya penyebar terbesar HIV/AIDS Muna disebabkan oleh para perantau, yang telah terinfeksi diluar daerah kemudian masuk dan menularkan kepada istri atau masyarakat lainnya. “Khusus untuk orang yang terlanjur terinfeksi, upaya penanggulangan dilakukan dengan pemeriksaan yang dilakukan dengan pemberian obat secara terus menerus, “ pungkasnya.

Sumber: http://sindikasi.inilah.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6772