17 PSK di Blora Terinfeksi HIV-AIDS
Tanggal: Tuesday, 07 August 2012
Topik: HIV/AIDS


Suaramerdeka.com, 04 Agustus 2012

BLORA - Sebanyak 17 pekerja seks komersial (PSK) di Blora dinyatakan mengidap penyakit HIV-AIDS. Hal itu diketahui setelah Dinas Kesehatan melakukan Serro Survey beberapa pekan lalu.

Hasil dari Serro Survey baru diketahui, Sabtu (4/8), setelah Dinas Kesehatan menerima lampiran pemeriksaan darah dari salah satu laboratorium di Semarang.

"Ya memang betul, dari hasil Serro Survey diketahui jumlah PSK yang mengidap penyakit HIV-AIDS sebanyak 17 orang," ujar Kepala Dinas Kesehatan, Henny Indriyanti, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Lilik Hernanto, Sabtu (4/8).

Selain PSK, satu orang warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Blora juga dinyatakan positif terinfeksi HIV-AIDS berdasarkan hasil Serro Survey.

Dalam Serro Survey, petugas dari Dinas Kesehatan mengambil sampel darah kelompok warga yang mempunyai risiko tinggi tertular HIV-AIDS, yakni PSK dan warga binaan Rutan. Sampel darah warga binaan Rutan diambil sebanyak 100 orang. Sedangkan PSK sebanyak 106 orang.

Adapun PSK yang diambil darahnya adalah yang selama ini beroperasi di kawasan Kampung Baru Kecamatan Jepon, Sumberarum Cepu, Ngelebok Cepu serta di Kunduran.

"Untuk nama-nama penderita HIV-AIDS tidak diketahui karena dilakukan sistem acak. Jadi Serro Survey hanya untuk mengetahui besarnya masalah HIV-AIDS, bukan untuk mengetahui siapa yang mengidapnya atau sakit," tandas Lilik.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6787