Pengidap HIV/AIDS di Papua Terus Meningkat
Tanggal: Tuesday, 07 August 2012
Topik: HIV/AIDS


KOMPAS.com, 06 Agustus 2012

JAYAPURA — Hingga saat ini tercacat 12.187 kasus HIV/AIDS di Provinsi Papua. Menurut Pejabat Gubernur Papua Syamsul Arief Rifai, Senin (6/8/2012), di Jayapura, dalam 10 tahun terakhir, kasus tersebut cenderung naik.

Dalam catatan Komisi Penanggulangan AIDS Papua dan Dinas Kesehatan Provinsi Papua, kasus HIV/AIDS tak hanya ditemukan di wilayah pesisir Papua. Kasus itu telah merangsek hingga ke wilayah-wilayah pedalaman, seperti di Jayawijaya dan Paniai.

"Yang membuatnya prihatin, dari total angka kasus itu, sebagian besar korban telah mengidap AIDS. Artinya, sebagian besar ditemukan telah sakit berat," kata Syamsul Arief Rifai.

Pemerintah, tuturnya, terus berupaya mengobati dan mencegah penularan kasus tersebut. Namun, di sisi lain, saat ini pemerintah Papua pun dihadapkan pada beberapa kendala, seperti terbatasnya jumlah tenaga kesehatan serta sarana dan prasarana.

Saat menyampaikan sambutan dalam Peluncuran Program Peningkatan Akses dan Kualitas Pelayanan HIV/AIDS di Provinsi Papua itu, Syamsul Arief Rifai mengatakan, saat ini pemerintah telah mengembangkan laboratorium pusat rujukan untuk AIDS, tuberkulosis, dan malaria di Papua.

Sumber: http://regional.kompas.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6790