Australia Kucurkan Rp247 Miliar Berantas HIV di Papua
Tanggal: Tuesday, 07 August 2012
Topik: HIV/AIDS


Berita Satu, 06 Agustus 2012

Australia memberikan bantuan sebesar 25 juta dolar Australia atau Rp247 miliar untuk membantu Indonesia meningkatkan akses ke layanan HIV di Papua dan Papua Barat.

Bantuan ini merupakan bagian dari Kemitraan HIV senilai 100 juta dolar Australia antara Australia dan Indonesia dalam periode 2008-2016.

Pemerintah Australia, melalui program bantuannya, AusAID dan Pemerintah Indonesia telah lama melawan penyebaran HIV di Papua dan Papua Barat sejak tanun 2004.

Program baru Peningkatan Kualitas dan Akses terhadap Layanan Perawatan dan Pengobatan HIV (REACH) akan dibangun berdasarkan keberhasilan kemitraan yang sudah terjalin.

Pemegang jabatan sementara Pimpinan AusAID Indonesia, Mat Kimberley, akan berkunjung ke Papua bersama Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi untuk melihat secara langsung bagaimana kemitraan kedua negara bermanfaat bagi kehidupan mereka yang hidup dengan HIV.

"Australia memiliki keprihatinan yang sama dengan Indonesia mengenai epidemi HIV di Papua dan Papua Barat, yang memiliki prevalensi HIV tertinggi di Indonesia," ungkap Mat Kimberley dalam siaran pers, Senin (6/8).

Menurut dia, bantuan Australia akan membantu meningkatkan akses ke layanan HIV dan meningkatkan jumlah orang yang menerima perawatan serta pengobatan yang dibutuhkan.

"Program ini juga akan membantu masyarakat untuk melakukan tes dan pengobatan penyakit yang terkait, terutama tuberkulosis dan penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual," kata dia.

The Clinton Health Access Initiative (CHAI), sebagai mitra pelaksana, akan bekerja sama dengan instansi pemerintah, termasuk pemerintah provinsi Papua dan Papua Barat, untuk membantu mereka memimpin, mengelola serta mendanai respons terhadap HIV.

Sumber: http://www.beritasatu.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6792