39 Napi Lapas Kerobokan Mengidap HIV
Tanggal: Tuesday, 07 August 2012
Topik: HIV/AIDS


KOMPAS.com, 06 Agustus 2012

DENPASAR -- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kerobokan Denpasar yang banyak menampung narapidana narkoba beresiko menerima tahanan atau narapidana berpengidap HIV. Data dari tim dokter Lapas Kerobokan, saat ini terdapat 39 napi penderita HIV dan 12 di antaranya positif AIDS.

Petugas Lapas Kerobokan kini berusaha memutus penyebaran HIV dari napi penderita tersebut kepada napi lainnya. Berbagai cara telah ditempuh termasuk kerja sama dengan pihak luar seperti LSM dan rumah sakit umum yang mendukung dari kebutuhan medis dan psikologis.

"Kita gempur dengan info-info HIV kepada mereka dan bagaimana pencegahan supaya tidak menular," ujar dokter Lapas Kerobokan, AA Hartawan usai pertemuan dengan sekretaris Dirjenpas di Lapas Kerobokan, Senin (06/08/2012). Tidak ada sel khusus untuk napi penderita HIV dan mereka tetap berada satu sel dengan napi lainnya. Rata-rata penderita HIV di Lapas Kerobokan tertular melalui jarum suntik.

"Penyebabnya jarum suntik, namun sekarang yang melalui hubungan seksual juga banyak," jelas Hartawan. Hartawan menegaskan para penderita HIV di Lapas Kerobokan mendapat penyakit tersebut ketika berada di luar.

Sampai sejauh ini belum ditemukan kasus penularan di dalam Lapas. Jika dilihat presentase penderita HIV dengan penghuni Lapas, kondisi ini masih belum mengkhawatirkan." Masih di bawah 5 persen, dari total napi sekitar 900," pungkasnya.

Sumber: http://regional.kompas.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6794