Pemerintah tingkatkan layanan bagi ODHA
Tanggal: Tuesday, 07 August 2012
Topik: Narkoba


Waspada Online, 07 Agustus 2012

MEDAN - Pemerintah terus meningkatkan layanan pengobatan, perawatan, dukungan dan kepedulian bagi orang dengan HIV/AIDS (ODHA), yang dimulai dari rujukan di rumah sakit untuk terapi ARV, kemudian dikembangkan ke tingkat pelayanan sekunder dan primer seperti puskesmas.

"Untuk itu diperlukan pembentukan lima layanan komprehensif di lima puskesmas di Kota Medan agar sistim efisien efektif serta membangun jejaring yang saling mengisi dan mendukung guna keberhasilan program penanggulangan HIV/AIDS," kata Plt Kabid Penanggulangan Masalah Kesehatan (PMK) Dinas Kesehatan Sumut Sukarni di Medan, hari ini. Ia mengatakan, agar puskesmas yang ditunjuk mampu mengembangkan lima layanan tersebut secara menyeluruh dan paripurna, Kemenkes dan Dinkes Sumut menyelenggarakan pelatihan HIV/AIDS bagi dokter, perawat/bidan, petugas laboratorium, admin, kader puskesmas di wilayah Kota Medan.

"Diharapkan dengan pelatihan ini bisa melaksanakan deteksi dini kasus perawatan, pengobatan dan dukungan serta mekanisme rujukan, sistim monitoring dan evaluasi," katanya. Menurut dia, beberapa tahun belakangan ini banyak kemajuan yang dicapai dalam program pengendalian HIV di Sumatera Utara. Namun, efektivitas maupun kualitas intervensi dan layanan itu masih belum merata dan belum semuanya saling terkait.

Juga adanya tantangan layanan, cakupan, maupun retensi klien pada layanan termasuk di wilayah dengan beban yang tinggi. Sementara, kata dia, sejak diberikannya pelatihan petugas untuk dibagian Klinik VCT pada seluruh kab/kota di Sumut tahun 2010, hingga kini baru 16 daerah yang memiliki klinik Voluntary Conseling dan Testing (VCT) tersebut. "Diperkirakan semua kabupaten/kota di Sumut ada kasus HIV, kalau petugas sudah dilatih tetapi tidak ada klinik VCT nya, dikhawatirkan penularan virus HIV semakin cepat. Jadi diperlukan perhatian dan peran pemda setempat," katanya.

Sumber: http://www.waspada.co.id



[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6797