AJI Anugerahi Aktivis dan Jurnalis SK Trimurti Award
Tanggal: Wednesday, 08 August 2012
Topik: Narkoba


Gatra, 07 Agustus 2012

Jakarta - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) akan memberikan penghargaan Soerastri Karma Trimurti Award 2012 kepada jurnalis atau aktivis yang berandil besar memperjuangkan kesetaraan gender dan kebebasan pers.

Ketua Umum AJI Indonesia, Eko Maryadi, di Jakarta, Selasa (7/8), mengatakan, penghargaan itu akan diumumkan dan diberikan kepada pemenang di Galeri Nasional, Selasa malam (7/8).

Namun, Eko enggan menyebutkan siapa saja yang masuk dalam nominasi penghargaan tersebut. Ia hanya mengatakan, ada 12 nominator yang telah dinilai oleh tiga orang juri yang kompeten, yakni Ketua Subkomisi Partisipasi Masyarakat Komnas Perempuan Andy Yetriyani; Staf Pengajar Kajian Gender Universitas Indonesia Nur Iman Subono; dan Redaktur Pelaksana Majalah Tempo dan pendiri AJI, Bina Baktiati.

Menurutnya, dari 12 nominator, ketiga juri telah memilih satu orang pemenang penghargaan SK Trimurti Award tahun 2012. Adapun ajang ini telah dilaksanakan sejak 2008 lalu.

Dijelaskan Eko, penghargaan SK Trimurti diambil dari seorang tokoh jurnalis perempuan tiga zaman, SK Trimurti, kelahiran Boyolali 1912 yang aktif menyuarakan perjuangan, sehingga dia kerap dijebloskan ke dalam penjara. Pada usia 25 tahun merupakan kali pertama dia dipenjara.

Pemenjaraan itu dilakukan Belanda karena SK Trimurti menyebarkan pamflet anti-imperialisme dan anti-kapitalisme yang berisi informasi tentang ketidakadilan Belanda. Selama sembilan bulan, SK Trimurti mendekam di Penjara Bulu, Semarang.

Selain sebagai jurnalis, SK Trimurti pernah menjadi menteri perburuhan era Presiden Soekarno. Dia jua aktif di dunia organisasi, seperti Mardi Wanita yang belakangan bersulih menjadi Persatuan Marhaeni Indonesia, Barisan Perempuan Wanita, dan organisasi lainnya.

"Trimurti meninggal dunia pada Selasa, 20 Mei 2008, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta Pusat," pungkasnya. [IS]

Sumber: http://www.gatra.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6799