Penderita AIDS di Jatim Terbanyak Kedua, Terbanyak Ibu Rumah Tangga
Tanggal: Thursday, 09 August 2012
Topik: Narkoba


detikSurabaya, 08 Agustus 2012

Surabaya - Jumlah penderita AIDS di Jawa Timur mengalami peningkatan tajam. Bahkan penderita AIDS bukan didominasi kaum laki-laki, tapi terbanyak adalah ibu rumah tangga.

"Penderita AIDS di Jatim mengalami peningkatan tajam. Bahkan penderita AIDS di Jatim terbanyak nomor 2 setelah DKI Jakarta," kata Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Jawa Timur di sela sosialisasi program kependudukan dan keluarga berencanan bersama jurnalis di kantornya di Surabaya, Rabu (8/8/2012).

Djuhartini menerangkan, penderita AIDS bukan didominasi kaum laki-laki, tapi lebih banyak orang perempuan. Bahkan, terbesar penderita AIDS adalah ibu rumah tangga.

"Proporsi penderita AIDS yang paling besar adalah ibu rumah tangga. Kan kasihan kalau ibu rumah tangga yang baik terkena AIDS," tuturnya.

Sementara Kabid Advokasi Pergerakan dan Informasi (ADPIN) BKKBN Perwakilan Provinsi Jatim, Waluyo Ajeng Lukitowati menambahkan, data dari dinas kesehatan dan rumah sakit dr Soetomo, penyakit AIDS lebih banyak dibawa oleh pekerja laki-laki yang sering singgah di berbagai negara lain.

"Bapak pergi TKI tidak sangu (membawa) kondom dan pulang ke rumah membawa penyakit. Pulang minta hubungan dengan istrinya. Ternyata istrinya ditulari penyakit AIDS. Tapi tidak hanya itu saja, juga jangan jajan sembarangan di luar rumah," katanya.

Ia mengimbau agar masyarakat melakukan hubungan seks dengan istrinya dan tidak sembarangan berhubungan dengan orang lain, termasuk ke lokalisasi.

"Waspadalah, harus pakai kondom dan jangan jajan sembarangan," jelasnya.

BKKBN tetap konsisten untuk memberikan kondom ke keluarga. Pemberian kondom itu dilakukan untuk mencegah kehamilan sekaligus juga mencegah penyakit AIDS.

Sumber: http://surabaya.detik.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6803