13 RS di Sumut bisa melayani ODHA
Tanggal: Wednesday, 29 August 2012
Topik: Narkoba


Waspada Online, 29 Agustus 2012

MEDAN - Hanya ada 13 dari 18 rumah sakit (RS) rujukan yang dapat memberikan perawatan bagi Orang dengan HIV AIDS (ODHA) di Sumatera Utara, akibat belum adanya tenaga kesehatan terlatih yang mampu merawat penderita HIV/AIDS karena masih terbatasnya tenaga kesehatan terlatih.

Menurut Plt Kepala Bidang Penanggulangan Masalah Kesehatan (PMK) Dinas Kesehatan Sumatera Utara, Sukarni, dalam memberikan layanan bagi ODHA di rumah sakit diperlukan adanya satu tim atau kelompok kerja HIV/AIDS yang terdiri dari dokter, perawat, petugas pencatatan dan pelaporan serta petugas farmasi.

Ia mengatakan jumlah prevalensi HIV/AIDS di Sumut cenderung mengalami peningkatan dan tersebar di seluruh kabupaten/kota di provinsi. Sampai Juli 2012 tercatat penderita HIV/AIDS mencapai 5.525 orang namun, hingga kini layanan CST (Care, Support dan Treatment) baru terdapat di 9 kabupaten/kota.

"Kita harapkan dengan adanya pelatihan itu jumlah layanan CST di Sumut akan meningkat. Selain itu, juga dapat meningkatkan kualitas pelayanan bagi ODHA sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari upaya penanggulangan penyakit menular secara keseluruhan," kata Sukarni, hari ini.

Menurutnya, HIV merupakan masalah kesehatan yang cukup besar dan saat ini telah memasuki tingkat epidemik terkonsentrasi. Peningkatan jumlah orang terinfeksi HIV akan berpengaruh pada penyediaan upaya pelayanan HIV dan AIDS.

Sumber: http://www.waspada.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6831