Polda Metro bantah banyak tahanan Polsek Palmerah HIV
Tanggal: Wednesday, 29 August 2012
Topik: HIV/AIDS


merdeka.com, 29 Agustus 2012

Polda Metro Jaya membantah jika 85 persen dari 50 tahanan yang kini mendekam di Polsek Palmerah, Jakarta Barat, mengidap HIV/Aids. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto pernyataan itu hanya gambaran kasar bukan kondisi sebenarnya yang ada di lapangan.

"Saya sudah konfirmasi ke Polsek Palmerah, yang dimaksud 85 persen itu bukan data aktual dalam arti kenyataan yang ada di lapangan," ujar Rikwanto kepada sejumlah wartawan, di Mapolda Metro Jaya, Rabu (29/8).

Rikwanto menyebut, saat ini jumlah tahanan yang ada di tingkat polda, polres dan polsek berjumlah 2.265 orang. Dari jumlah tersebut yang positif mengidap HIV hanya 13 tahanan.

"Jadi hanya ada 0,49 persen dari jumlah tahanan yang ada dan terhadap mereka sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin terkait penyakit yang diidap," jelasnya.

Lebih lanjut, Rikwanto mengatakan, 13 orang tahanan tersebut sebagian besar tersangkut kasus narkoba saat ditangkap aparat. Timbul kemungkinan, mereka terjangkit HIV sebelum menjadi tahanan kepolisian.

"Sebagian besar kasus narkoba, kalau didalami dimungkinkan terjangkitnya jarum suntik yang dipakai bersama-sama dan sex bebas. Kondisi mereka masih baik-baik saja," tandas Rikwanto.

Sumber: http://www.merdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6833