Polda Metro Bantah Tahanan Polisi Idap HIV/AIDS
Tanggal: Thursday, 30 August 2012
Topik: HIV/AIDS


Gatra, 29 Agustus 2012

Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto membantah kalau tahanan di Polsek Palmerah mengidap HIV/AIDS, seperti diberitakan berbagai media massa akhir-akhir ini.

“Saya sudah konfirmasi ke Kepala Unit (Kanit) Serse Narkoba di Palmerah, 85% pengidap HIV/AIDS bukan data aktual atau kenyataan seperti yang diberitakan selama ini,“ jelas Rikwanto kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (29/8).

Menurut Rikwanto, pernah ada tahanan yang mengidap penyakit tersebut, namun itu beberapa bulan lalu. “Pernah ada 1-2 orang, tapi itu sudah P21 dan sudah di wilayah pengadilan,“ terangnya.

Secara umum, tambah Rikwanto, tahanan untuk wilayah Polda Metro, Polres dan Polsek berjumlah 2265. “Setelah diperiksa, dicek urin dan darah, hanya ada 13 tahanan yang mengidap penyakit HIV/AIDS atau sekitar 0,49 persen,“ jelasnya.

Rikwanto menambahkan, para tahanan kebanyakan terlibat kasus narkoba. “Bermacam-macam sebabnya, karena jarum suntik yang dipakai secara berbarengan, transfusi darah, atau seks bebas,“ imbuhnya. [WFz]

Sumber: http://www.gatra.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6834