Polisi Bantah Banyak Tahanan Mengidap AIDS
Tanggal: Thursday, 30 August 2012
Topik: Narkoba


Liputan6.com, 30 Agustus 2012

Jakarta: Pihak kepolisian membantah adanya kabar bahwa sebanyak 85 persen tahanan di Mapolsek Palmerah positif terinfeksi virus HIV/AIDS.

"Di Palmerah tidak sesuai dengan informasi yang beredar," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto di Jakarta, Rabu (29/8).

Menurutnya, kabar adanya 85 persen tahanan mengidap HIV/AIDS bukanlah data aktual. Pasalnya, ketika ditelusuri, empat tahanan di Mapolsek Palmerah dalam keadaan sehat. "Pernah ada sebulan lalu, dua orang yang kena HIV dan berkasnya sudah lengkap atau P21," kata Rikwanto.

Menurutnya, dari sebanyak 2.625 orang yang menjadi tahanan Polda Metro Jaya, hanya 13 orang atau 0.49 persen di antaranya yang mengidap HIV/AIDS. Sebanyak 13 tahanan yang terjangkit virus mematikan itu sebagian besar merupakan tahanan kasus narkoba.

Para tahanan itu juga mendapat penanganan tersendiri dan menjalani pemeriksaan secara rutin oleh tim dokter. "Sel tahanannya juga dipisah karena dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tegas Rikwanto.

Menurut informasi, sekitar 85 persen dari 50 orang tahanan di Mapolsek Palmerah, Jakarta Barat mengidap HIV/AIDS. Jumlah itu merupakan akumulasi selama tiga bulan terakhir. (FRD)

Sumber: http://berita.liputan6.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6837