Karena Terlalu Lama Melaut, Nelayan Rentan Kena AIDS
Tanggal: Thursday, 30 August 2012
Topik: Narkoba


REPUBLIKA.CO.ID, 30 Agustus 2012

KUPANG -- Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Kupang melakukan sosialisasi serta advokasi tentang penyebaran virus HIV/AIDS kepada masyarakat nelayan dan pelaut. Sosialisasi dilakukan di sejumlah titik di wilayah Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) itu.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Kupang, Bastian Benufinit, mengatakan pihaknya melakukan sosialisasi HIV/AIDS di sejumlah kelompok masyarakat yang dinilai sebagai kelompok rentan dalam aktivitas serta kebiasaannya. Kelompok yang memiliki peluang terinfeksi virus tersebut.

Menurut penilaian KPA, salah satu kelompok yang rentan dan berisiko terkena HIV/AIDS adalah kelompok nelayan dan pelaut. Benufinit menjelaskan alasannya karena aktivitas seorang nelayan dan pelaut lebih banyak berhubungan dengan lautan. Itu dilakukan dalam waktu yang cukup lama.

Namun jika sekali bertambat di dermaga, aktivitas di daratnya akan lebih mengarah kepada aktivitas yang berhubungan dengan tempat hiburan, karaoke dan pub.

"Kebiasaan inilah yang patut diantisipasi. Sehingga, kelompok ini juga kita golongkan ke dalam kelompok yang rentan dan berisiko tinggi," kata Benufinit.

Sumber: http://www.republika.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6838