Smartphone Nantinya Bisa Sebagai Alat Uji Tes HIV AIDS
Tanggal: Monday, 03 September 2012
Topik: HIV/AIDS


Sidomi, 02 September 2012

Smartphone nantinya diharapkan bisa sebagai alat iji coba tes HIV AIDS. Saat ini para peneliti sedang bekerja keras untuk mewujudkannya.

Tim dari Afrika Selatan dan Korea Selatan mengembangkan sebuah mikroskop dan sebuah aplikasi yang mampu untuk memotret dan menganalisa sampel darah. Dan sampel darah ini nantinya – tanpa harus melalui laboratorium – bisa langsung dianalisa untuk mendiagnosis dan bahkan mengukur sistem kekebalan tubuh.

“Ide kami sangat sederhana. Smartphone nantinya bisa langsung menangkap darah, memotret dan meganalisanya melalui sebuah aplikasi,” beber Jung Kyung Kim, profesor bidang teknik biomedis Universitas Kookmin Korea Selatan, yang dikutip dari The Times of India, Minggu (02/09/12), yang dilansur dari News24.

Nantinya sebuah gadget yang mereka sebut dengan Smartscope, akan berwujud sebuah mikroskop mini dengan ukuran sekitar 1 mm. Mikropskop ini dilengkapi dengan clips di atas kamera smartphone.

Sebuah chip standar dengan sampel darah HIV AIDS kemudian meluncur ke dalam gadget di depan mikroskop. Selanjutnya sebuah aplikasi khusus smartphone akan memotret sampel darah dan memeriksanya.

Tim tersebut berharap jika proyek ini nantinya bisa terwujud mulai tahun depan. Sedangkan sebuah prototipe yang berbeda telah dikembangkan di Amerika Serikat untuk mengambil sampel darah HIV AIDS di lapangan kemudian dikirimkan ke komputer untuk dianalisis.

Sumber: http://sidomi.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6842