Pelajar di Karawang Rentan Tertular AIDS
Tanggal: Monday, 10 September 2012
Topik: Narkoba


Pos Kota, 09 September 2012

KARAWANG – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) mendata terdapat 283 orang di Karawang mengidap positif HIV/AIDS.

Penderita terbanyak berusia antara 15 tahun sampai 35 tahun. Untuk mencegah penularan, KPA Karawang terus melakukan sosialisasi pada masyarakat tentang bahayanya HIV/AIDS, termasuk sosialisasi kepada pelajar yang selama ini rentan terkena akibat pergaulan bebas yang dilakukan.

“Dari 283 orang penderita, yang paling banyak umur 15-35 tahun, agar penyebarannya tidak meluas kami terus rutin melakukan sosialisasi bahaya HIV/AIDS pada masyarakat,” ujar Awan, anggota KPA Karawang.

Menurut Awan, fenomena perkembangan kasus HIV/AIDS ibarat gunung es. Faktanya, kasus AIDS lebih banyak dari yang dilaporkan. Untuk mengantisipasi dan menghadapi ancaman epidemi ini perlu kerja sama dari unsur dan semu komponen masyarakat, agar pencegahan tehadap peningkatan penularan HIV dan AIDS bisa terjadi.

“Saat ini kami rutin melakukan sosialisasi ke sekolah, perusahaan, karang taruna dan KNPI Kecamatan. hal ini sebagai langkah preventif agar virus berbahaya itu tidak tersebar lagi,” jelasnya.

Peningkatan kualitas orang dengan HIV dan Aids (ODHA) harus dilakukan, termasuk melakukan berbagai upaya untuk mengurangi dampak sosial dan ekonomi akibat penyakit yang mematikan ini pada individu, keluarga dan masyarakat. “Semua upaya itu menjadi tanggung jawab bersama dan harus dilakukan sedini mungkin,” ujarnya.

Menurutnya, penyakit ini bisa menular pada siapapun juga, tidak terkecuali bagi pelajar. Sebab saat ini pelajar Karawang sangat rentan dengan virus berbahaya itu.

Jika melihat pergaulan yang cukup bebas, faktor yang mempengaruhi pergaulan bebas itu disebabkan oleh keinginan pelajar untuk mempunyai teknologi canggih, ujarnya.

“Pelajar juga rentan terhadap HIV/AIDS, sebab pergaulan bebas pelajar menjadi salah satu faktor untuk penyebaran virus tersebut,” unkap Awan. (nourkinan)

Sumber: http://www.poskotanews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6864