Delapan dari 29 Penderita HIV Meninggal
Tanggal: Wednesday, 12 September 2012
Topik: HIV/AIDS


Padang Ekspres, 11 September 2012

Payakumbuh
— Depalapan orang dari 29 orang penderita HIV AIDS yang didata Komisi Penaggulangan AIDS (KPA) di kota Payakum­buh meninggal dunia. Hal itu diung­kap­kan Sekretaris KPA Payakumbuh, Syamsir Alam kepada wartawan di Payakumbuh, Senin (10/9) kemarin.

Menurut Sekretaris KPA itu, sebenarnya penderita HIV di Payakumbuh diperkirakan jauh lebih banyak dari jumlah yang terdata atau yang mau membuka diri kepada KPA. Sehingga dibutuhkan adanya upaya pihak keluarga untuk memberikan dorongan dan tidak mengucilkan mereka.

”Kita yakin di Payakumbuh terdapat banyak penderita HIV AIDS yang belum terdata. Sebab masih banyak yang takut dan malu untuk memeriksakan diri,” ungkap Syamsir Alam.

Menurut Syamsir, berdasarkan pengakuan penderita, kebanyakan dari mereka tertular di akibatkan pergaulan dan seks bebas. Namun tetap ada yang tertular dari penggunaan jarum suntik bersama. ”Kita perlu mawas diri terhadap kemung­ki­nan-kemungkinan penularan HIV. Sebab Paya­kumbuh hampir di setiap kecamatan sudah ada penderita HIV, PSK dan anak jalan paling riskan,” ungkapnya.

Melalui pisau cukur yang sempat melukai penderita HIV dan digunakan orang yang sehat dan mengalami luka juga bisa tertular. (fdl)

Sumber: http://padangekspres.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6872