Renault Twizy Mengenang Freddie Mercury
Tanggal: Thursday, 13 September 2012
Topik: Narkoba


Kompas, 12 September 2012

Otomotif - Renault Twizy ini sangat unik. Persis di bawah logo Renault di bagian depan terdapat kumis yang mengingatkan pada tokoh film kartun Super Mario Bros. Penambahan kumis oleh produsen mobil Perancis itu tak lain untuk mengenang mantan vokalis grup band Queen Freddy Mercury yang meninggal pada 1991 karena mengidap HIV/AIDS.

Twizy berkelir kombinasi hitam-putih-kuning itu diserahkan ke Mercury Phoenix Trust, sebuah badan aman untuk memerangi AIDS. Penyerahannya dilakukan pada malam acara "Freddie For a Day" di salah satu hotel dan terkumpul 250.000 poundsterling atau Rp3,85 miliar. Sedangkan dari Twizy sendiri mendapat pemasukan 7.000 dollar AS (Rp67 juta lebih).

Keistimewaan dari "si kecil" ini tampak dari kombinasi warna yang unik dengan pintu model gunting (scissor) dan beberapa fitur tambahan, termasuk di antaranya kumis. Kian gagah, bibir keempat kaki (pelek) diberi keli merah.

Untuk mesin, tidak disebutkan versi mana yang diserahkan. Karena, ketika dipasarkan, Twizy mempunyai dua versi. Pertama, Twizy45 yang mempunyai tenaga maksimum 5PS dan torsi 33Nm serta melaju dengan kecepatan tertinggi 45 km per jam. Satunya lagi, Twizy80 sanggup melesat hingga 80 kpj.

Menurut pihak Renault, untuk Twizy45 yang memiliki dimensi panjang 2,32 meter, lebar 1,19 meter, dan tinggi 1,46 meter itu bisa dikemudikan anak 16 tahun. Sedangkan mengemudikan Twizy, ada versi listrik dengan baterai lithium-ion bertenaga 7 kW, pengemudinya harus mempunyai lisensi.

Sumber: http://otomotif.kompas.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6874