Wakil Walikota Pimpin Apel Sosialisasi Penanggulangan HIV/AIDS dan NAPZA
Tanggal: Wednesday, 19 September 2012
Topik: HIV/AIDS


KabarIndonesia, 18 September 2012

Dalam rangka mengurangi angka penderita HIV/AIDS dan penyebaran Narkotika, Psikotropika dan Zat Aditif (NAPZA) di kalangan remaja kota Banda Aceh, Pemerintah Kota Banda Aceh dengan program yang dikemas dalam bentuk road show penyuluhan HIV/AIDS dan narkoba melakukan penyuluhan ke sekolah-sekolah tingkat SLTA se Kota Banda Aceh. Kegiatan road show ini dilakukan pada saat apel pagi senin di bulan September dan Oktober tahun 2012.

Road show penyuluhan perdana dilakukan pada apel senin (17/09) di SMAN 5 Kota Banda Aceh dengan Inspektur upacara Wakil Walikota Banda Aceh Hj Illiza Sa'aduddin Djamal SE. Dalam sambutannya, Illiza mengatakan bahwa menularnya penyakit HIV/AIDS disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya berganti-ganti pasangan (seks bebas), melalui jarum suntik dan transfusi darah.

Di Aceh, khusunya kota Banda Aceh penularan HIV/AIDS banyak terjadi melalui penggunaan jarum suntik yang berganti-ganti. Untuk mencegah hal tersebut, Pemko Banda Aceh telah melakukan berbagai upaya baik melalui penyuluhan secara langsung maupun melalui sosialisasi melalui media cetak dan elektronik dengan harapan semua guru, orang tua wali murid dapat mendukung kegiatan ini dan para siswa sendiri memiliki pengetahuan tentang penularan dan bahaya penyakit kelamin ini.

"Kita berharap para siswa yang usianya tergolong masih remaja ini memiliki pengetahuan dan kesadaran terhadap bahaya HIV dan AIDS sehingga dengan pengetahuan mereka nantinya diharapkan dapat memutus mata rantai penularannya" harap Illiza. Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Dr Media Yulizar MPH mengatakan bahwa hasil laporan yang diterima dari Dinas Kesehatan Provinsi sampai periode Juli tahun ini, jumlah penderita HIV/AIDS di Aceh yang telah terkonfirmasi sebanyak 142 kasus.

Sementara di Kota Banda Aceh yang telah terdata di Dinkes sebanyak Enam kasus. "Sementara Dua dan Tiga kasus lagi sedang dan masih dalam iproses pelacakan" jelas Media. Media juga berharap kepada seluruh masyarakat kota Banda Aceh agar mendukung dan menyukseskan program Road Show Penyuluhan Narkoba dan HIV/AIDS ke sekolah-sekolah tersebut sebagi upaya untuk mengurangi angka penderita. (*)

Sumber: http://www.kabarindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6890