Tiga Siswa di Sulawesi Utara Idap HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 01 October 2012
Topik: HIV/AIDS


KOMPAS.com, 22 September 2012

MANADO - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Sulawesi Utara pada Jumat (21/09/2012) memaparkan data pengidap HIV/AIDS di wilayahnya. Yang memiriskan terdapat 3 siswa yang diduga positif terjangkit virus mematikan tersebut.

Ketua KPA Sulut Dr Tangel Kairupan menjelaskan, pihaknya tidak bisa memastikan bagaimana proses penularan virus HIV ke ketiga siswa tersebut. "Dugaan kami, perilaku heteroseksual yang sedang tren belakangan ini diduga menjadi salah satu faktor penyebabnya," ujar Tangel.

Pihak KPA Sulut merahasiakan nama ketiga siswa tersebut sebagai bagian dari prosedur pemeriksaan voluntary counseling and testing (VCT). Tangel juga mengatakan bahwa bekerjasama dengan pihak sekolah merupakan hal penting untuk mencegah penularan HIV/AIDS di kalangan anak sekolah.

Dari data Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara, tercatat hingga Juni 2012 ada 297 orang pengidap HIV/AIDS dari kalangan yang berprofesi wiraswasta. Sementara yang tidak bekerja sebanyak 141 orang, PSK 85 orang, karyawan 63 orang, pelaut 60 orang serta mahasiswa sebanyak 83 orang. Jumlah terbanyak pengidap HIV/AIDS dari kalangan ibu rumah tangga sebanyak 199 orang.

Sumber: http://regional.kompas.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6906