Tantangan Terberat ODHA di Indonesia Masih Stigma
Tanggal: Monday, 01 October 2012
Topik: Narkoba


Berita Satu, 23 September 2012

Minimnya informasi dan stigam yang diterima ODHA bisa membuat mereka gelap mata.

Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) hingga saat ini masih menghadapi stigma atau anggapan yang buruk dalam upaya bersosialisasi dengan masyarakat.

"HIV/AIDS itu sesungguhnya penyakit yang bisa ditanggulangi asalkan tahu informasinya, tapi yang paling berat bagi kami adalah anggapan miring terhadap ODHA," kata AR, pria pengidap HIV/AIDS, yang menceritakan pengalaman pribadinya dalam lokakarya HIV dengan media, di Sanur, Denpasar, Sabtu (22/9).

Menurut dia, begitu ada orang yang diketahui positif HIV maka orang yang bersangkutan langsung dijauhi, bukan hanya masyarakat, namun pihak keluarganya sendiri juga menjaga jarak.

AR menceritakan bahwa sejak tahun 1997 sudah mengkonsumsi narkoba jenis putaw dan baru total berhenti tahun 2004, setelah melakukan konseling, dan tes kesehatan yang ternyata positif HIV.

Saat ini AR yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat itu masih mengkonsumsi obat antiretoviral (arv) untuk memperlambat penyebaran virus. Pria berusia 29 tahun itu mengatakan, minimnya informasi yang diterima ODHA juga membuat gelap jalan mereka untuk bisa melanjutkan hidup.

"Begitu tahu kalau positif HIV, saya terus pakai saja itu (narkoba), pikir saya daripada mati karena HIV lebih baik mati karena narkoba saja. Itu pikiran saya dulu karena belum mendapatkan informasi mengenai apa itu HIV dan bagaimana pencegahanya," papar AR, yang terinfeksi HIV karena penggunaan jarum suntik untuk narkoba secara bergilirian.

Dia pun kini bergabung menjadi relawan bagi pecandu lainnya untuk memberikan pengalaman mengenai narkoba dan HIV/AIDS pada sebuah yayasan di Denpasar. Melalui "narcotic anonimus", lanjut dia, para pecandu diberikan pemahaman, berbagi pengalaman, dan solusi melalui 12 langkah dengan beberapa pendekatan di antaranya secara fisik, mental, emosional, dan spiritual.

Sumber: http://www.beritasatu.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6907