DPRD Temanggung Sahkan Perda HIV/AIDS
Tanggal: Monday, 01 October 2012
Topik: HIV/AIDS


suaramerdeka.com, 23 September 2012

TEMANGGUNG - Peraturan Daerah (Perda) mengenai pencegahan dan penanggulangan Human Immunodeficiency virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV) di Kabupaten Temanggung, disahkan dalam sidang paripurna DPRD Temanggung.

Perda HIV/AIDS tersebut merupakan salah satu bentuk respon pemerintah, berkait dengan makin meningkatnya jumlah penderita HIV/AIDS di kabupaten setempat.

Sekretaris Pansus I, yang membahas Perda penanggulangan HIV/AIDS, Erda Wachyudi, dalam laporannya di depan forum paripurna tersebut mengatakan, melalui Perda tersebut diharapkan dapat memberikan penjelasan kepada masyarakat mengenai HIV/AIDS.

Erda mengatakan, HIV/AIDS bukanlah sekadar persoalan kesehatan, akan tetapi juga menyangkut sosial kemasyarakatan. Karena itu, dalam penanggulanganya, tidak hanya perlu aturan dan kegiatan dalam cakupan kesehatan, namun juga sosial kemasyarakatan.

Dalam pandangan akhirnya, seluruh fraksi DPRD, pada intinya menyatakan, mendukung adanya Perda tersebut. Mereka juga meminta kepada Pemkab, agar menjabarkan ketentuan-ketetuan Perda tersebut dalam peraturan bupati (Perbup), sehingga ketentuan-ketentuan itu bisa diterapkan dalam kegiatan nyata di lapangan.

"Kami meminta Pemkab, melalui Komisi Penanggulangan AIDS bisa mengambil langkah strategis. Misalnya, dengan melaksanakan sosialisasi HIV/AIDS, memberikan konseling, serta perlindungan bagi penderita HIV/AIDS," kata juru bicara Fraksi PKB, Masfufah, dalam pandangan akhir fraksinya.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6908