Tiga Mahasiswa dan Dua PNS Lembata Positif HIV/AIDS
Tanggal: Friday, 05 October 2012
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNNEWS.COM, 03 Oktober 2012

LEWOLEBA -- Hingga awal Oktober 2012, jumlah penderita HIV/AIDS di Lembata 26 orang. Tiga di antaranya mahasiswa dan dua orang pegawai negeri sipil (PNS). Secara keseluruhan, jumlah penderita yang sudah meninggal dunia tujuh orang.

Hal ini terungkap dalam diskusi usai Paripurna DPRD Lembata, Selasa (2/10/2012). Salah seorang anggota Dewan, Hani Chandra, mengangkat isu ini di dalam ruangan sidang. Hani mendorong pemerintah membuat perda penanggulangan HIV/AIDS di Lembata dan membentuk Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD).

Menanggapi desakan Hani, Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur, berjanji untuk memutuskan rantai penyakit tersebut. Bupati berjanji akan mencoba mendatangkan alat tes dari luar daerah, karena Lembata belum memiliki alat tes penyakit ini.

Bupati Sunur juga mendorong dinas terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, dan Dinas Pariwisata melakukan sosialisasi penanggulangan HIV/AIDS di sekolah-sekolah di Lembata.

"Kita harus putuskan rantai ini. Kita perlu lakukan sosialisasi. Buat pamflet, datangi sekolah-sekolah," kata Sunur.

Wakil Bupati Lembata, Viktor Mado Watun menambahkan, fakta bahwa kebanyakan penderita adalah usia produktif sekitar umur 30 tahun. Tiga dari 26 penderita HIV/AIDS adalah mahasiswa. Dua orang PNS dan tujuh orang sudah meninggal dunia. Satu di antara tujuh orang yang meninggal adalah mahasiswa.

Mado Watun meminta Banggar DPRD Lembata mengalokasikan dana sosialisasi penanggulangan HIV/AIDS di Lembata. Munculnya kasus itu, jelas Mado Watun, seperti fenomena gunung es sehingga perlu segera ditangani. Apalagi para penderita umumnya masih berusia produktif.

Mado Watun kepada wartawan usai sidang mengatakan, ada banyak kasus penyakit kelamin menimpa pelajar-pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Lembata sehingga perlu ditangani serius.

Sumber: http://www.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6939